PANDANGAN UMUM FRAKSI APBD TA 2023

By lintasne - Kamis, 18 Juli 2024 | 08:06 WIB | 396 Views

Fraksi PDIP Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Pidato Pengantar Pelaksanaan APBD 2023
Muara Teweh – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Barito Utara sampaikan Pemandangan Umum Fraksi terhadap Pidato Pengantar Bupati Banto Utara dalam Rangka Penyampaian Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 pada rapat paripurna II, di gedung DPRD setempat, Kamis (18/7/2024). Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan disampaikan juru bicaranya Karianto Saman.
“Laporan Pelaksanaan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah rekaman proses secara menyeluruh terkait penggunaananggaran/uang rakyat yang dikuasakan kepada pemerintah untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya dalam melaksanakan pembangunan agar terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, kata Karianto Saman.

Dikatakannya, laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang dimaksud juga harus memberikan gambaran secara menyeluruh terkait hasil capalan pembangunan yang telah dilaksanakan berdasarkan pada perencanaan yang telah disusun sebalumnya.

“Mengingat lahirnya sebuah perencanaan pembangunan berdasarkan atas aspirasi masyarakat serta dokumen perencanaan daerah lainnya baik yang bersifat jangka Panjang maupun jangka pendek sebagaimana yang tertuang dalam RPJPD/RPJMD Kabupaten Barito Utara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap wajib untuk dilaksanakan,” kata dia.

Lebih lanjut Karianto Saman, Fraksi PDIP berharap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabuten Barito Utara Tahun Anggran 2023 bukan hanya dalam bantuk uraian angka-angka, bukan pula hanya berkutat pada berapa realisasi pendapatan, berapa realisasi pengeluaran dan berapa besarnya sisa anggaran laporan dan juga harus menyertakan capaian secara rijid atau detail tentang capaian-capaian program yang telah dan yang belum dilakukan.

Dan disertai pula dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah dalam menjalankan program yang ada, meningat pelaksanaan penggunaan anggaran yang ada berdampak luas terhadap keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Barito Utara dalam mewujudkan amanat undang-undang mengingat seluruh masyarakat Kabupaten Barito Utara merupakan bagian dari pembangunan itu sendiri.

“Setelah menyimak Pidato Bupati Barito Utara terkait realisasi Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Barito Utara Tahun Anggaran 2023, dengan ini Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Barito Utara dapat menerima Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Barito Utara Tahun Anggaran 2023 untuk dapat dibahas pada tahapan berikutnya sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Barito Utara,” kata Karianto Saman.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 7, 2024

Panitia Lakukan Rapat Sambut Kedatangan UAS

Muara Teweh – Jelang kedatangan Ustadz Abdul Somad ke Barito…

Sep 6, 2024

Ketua Sementara DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP, Pimpin Rapat Paripurna III

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna…

Sep 6, 2024

Ketua Sementara DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP Terima Dokumen Raperda Perubahan APBD 2024

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs.Muhlis menyerahkan secara…

Sep 6, 2024

Pemerintah Jawab Pemandangan Umum Fraksi DPRD Barut dalam Rapat Paripurna III

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna…

Sep 6, 2024

Pj Bupati Barut Laksanakan Zoom Meeting Bersama Tim Asistensi Itjen Kemendagri

Muara Teweh- Penjabat Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis didampingi Penjabat…

Sep 6, 2024

DPD BKRMI Barut Laksanakan Kegiatan Sunatan Masal

Muara Teweh – Pejabat Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis didampingi…