Legislator Dukung Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan

By lintasne - Jumat, 14 Juni 2024 | 08:08 WIB | 388 Views

Muara Teweh – Pelaksanaan kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dimana Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru yang mewakili Kabupaten Barito Utara dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024 ini mendapat dukungan dan apresiasi dari kalangan DPRD Barito Utara, salah satunya anggota DPRD Barito Utara Riza Faisal.

“Sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan tersebut. Desa Sikui yang mewakili Kabupaten Barito Utara untuk tingkat Provinsi Kalteng. Diharapkan dalam penilaian lomba desa dan kelurahan ini Desa Sikui mendapatkan apa yang kita harapkan,” kata Riza Faisal, Jumat (14/6/2024) di Muara Teweh.

Dikatakannya, dalam penilaian lomba desa ada 3 (tiga) bidang indikator dalam penialaian yaitu bidang pemerintahan terdiri dari pemerintahan desa/kelurahan, kinerja inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/e-government, pelestarian adat dan budaya.

Kedua, bidang kewilayahan terdiri dari identitas desa dan kelurahan, batas desa, inovasi tanggap dan siaga bencana. Dan ketiga, bidang kemasyarakatan terdiri dari, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Menurut Riza Faisal, ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan selain sebagai ajang kompetisi antar desa dan antar kelurahan adalah dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desanya.

Selain itu kata dia memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

“Serta meningkatkan pelayanan pemerintahan dan pembangunan terhadap masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar pemimpin desa, aparat desa, lembaga/organisasi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ibu-ibu PKK serta masyarakat lainnya untuk saling bahu membahu membangun desanya,” kata politisi Partai Demokrat Barito Utara ini.

Dan juga kata dia untuk meningkatkan inisiatif dan kreativitas dalam rangka percepatan keberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan dalam membangun desa menuju desa yang mandiri. Serta meningkatkan tertib administrasi, baik administrasi pemerintahan desa, BPD, posyandu, Karang Taruna, LPMD dan PKK Desa/Kelurahan.

Lebih lanjut Riza Faisal penilaian lomba desa dan kelurahan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi momentum untuk mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pembangunan desa dan kelurahan dan penguatan kelembagaan masyarakat.

“Kami berharap Desa Kikui yang mewakili Kabupaten Barito Utara dalam ajang lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024 ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadi pemenang lomba desa,” kata Riza Faisal.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Dewan Apresiasi Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu untuk Kesejahteraan Warga

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…