Fraksi Gerindra Sampaikan Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda RPJPD 2025-2045

By lintasne - Senin, 12 Agustus 2024 | 09:50 WIB | 361 Views

Muara Teweh – Fraksi Partai Gerakan Indonbesia Raya (F-Gerindra) DPRD Barito Utara sampaikan pandangan umum fraksi atas pidato pengantar bupati Barito Utara mengenai raperda tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 di gedung DPRD setempat, Senin (12/8/2024).

Juru bicara Fraksi Partai Gerindra, Mustafa Joyo Muhtar mengatakan didalam pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) merupakan upaya kita bersama untuk menata perangkat hukum yang diperlukan dalam rangka penyelengaraan tugas-tugas Pemerintah.

“Secara khusus kita berharap bahwa Raperda yang diajukan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan Penyelenggaraan Otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” kata Mustafa Joyo Muhtar.

Dikatakan Mustafa bahwa RPJPD bertujuan untuk merumuskan visi, misi, strategi, dan program pembangunan jangka panjang dalam suatu wilayah atau daerah tertentu. “Oleh sebab itu, maka dirumuskan visi jangka panjang pembangunan Kabupaten Barito Utara Tahun 20252045 yaitu Barito Utara Maju, Adil, Terarah dan Berkelanjutan,” ucap politisi Partai Gerindra Barito Utara ini.

Lebih lanjut Mustafa, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 ini akuntabel, demokratif, telah dilaksanakan secara transparan, partisipatif, terukur, diharapkan dalam tahapan-tahapan perencanaan dengan memperhatikan sinergitas terhadap RPJPD dan RPJM Nasional sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan Undang Undang.

Dikatakan Mustafa, setelah mencermati dan mempelajari pidato pengantar Bupati terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2025-2045. maka Fraksi Gerindra menyampaikan beberapa pertanyaan.

“Pendekatan yang digunakan dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2025-2045 adalah pendekatan teknoratik, partisipatif, politis, atas-bawah dan bawah-atas, holistik -tematik, integratif dan pendekatan spesial, Fraksi Gerindra Mohon Penjelasan?,” kata Mustafa Joyo Muhtar.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan beberapa catatan tersebut, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) siap membahas terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2025-2045, yang mana pada saatnya nanti akan dibahas di Rapat Gabungan antara Pihak eksekutif dan Legislatif sesuai jadwal yang telah ditentukan.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 16, 2024

Harapkan Perusahaan Berdayakan Warga Lokal

MUARA TEWEH – Seperti diketahui bahwa kabupaten Barito Utara (Barut)…

Sep 14, 2024

Suksesnya Turnamen Bola Voli Piala Pj Bupati Cup I Mencerminkan Dedikasi Pemerintah Kabupaten Barito Utara

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis dalam…

Sep 14, 2024

Pemdes Harus Kreatif Dalam Kembangkan Desa

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara, H Benny Siswanto…

Sep 13, 2024

Tingkatkan Sumber PAD Mikro dan Menengah

Muara Teweh – Saat ini di Kalimantan sektor pertambangan dan…

Sep 13, 2024

Para Pengrajin di Barito Utara Perlu Perhatian Pemerintah Daerah

MUARA TEWEH – Kabupaten Barito Utara selama ini belum ada…

Sep 12, 2024

Drs.Muhlis : Capaian Kinerja Mencerminkan Dedikasi Pemerintah Kabupaten Barito Utara

Pj.Bupati Barito Utara Drs.Muhlis didampingi Pj.Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah…