Sekda Muhlis Kunjungi Rangkaian Festival Budaya IMBT

By lintasne - Minggu, 9 Juli 2023 | 06:24 WIB | 277 Views

Muara Teweh – Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara (Sekda Barut) Drs Muhlis didampingi Ketua DWP, Asisten II Setda Gazali Mantalatua dan Kepala Perangkat Daerah mengunjungi tempat kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tahun 2023 di beberapa lokasi dalam kota Muara Teweh, Minggu (9/7/2-023).

Pada Minggu 9 Juli 2023, lomba yang dilaksanakan yaitu manetek, maneweng dan manyila kayu, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba malamang dan mangenta dilaksanakan di Lapangan Kodim Jalan Pramuka dari pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Sekretaris Daerah Drs Muhlis mengatakan kegiatan lomba ini dalam rangka melestarikan nilai-nilai luhur budaya agar tetap terjaga dan tidak tergerus oleh arus moderenisasi yang tidak dapat kita bendung.

Maka dari itu kata Sekda seni lomba merupakan wahana untuk perekat keberagaman yang selayaknya terus terjaga di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

“Saya berharap semangat generasi muda di Kabupaten Barito Utara untuk mencintai olah raga tradisional sehingga kearifan lokal yang terkandung di dalamnya bisa terus dilestarikan dan diselamatkan hingga generasi ke generasi agar tidak tegerus jaman,” kata Sekda Muhlis saat mengunjungi secara langsung kegiatan lomba Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan.

Selain mengunjungi lomba di Jalan Pramuka, Sekda Muhlis juga menyaksikan lomba dayung yang dilaksanakan di DAS Barito di kawasan Water Front City.

Berdasarkan pantauan lapangan animo warga masyarakat untuk menyaksikan dari dekat kegiatan lomba, nampak begitu antusias, masyarakat menyambut positif pergelaran yang diadakan oleh Pemkab Barito Utara ini.

Dalam kegiatan tersebut berbagai lomba dilaksanakan pada hari kedua festifal budaya IMBT. Dimana pada Minggu 9 Juli 2023 kegiatan lomba dilaksanakan di Lapangan Kodim Jalan Pramuka Muara Teweh.

Pada Festival Budaya IMBT tahun ini beberapa lomba yang di adakan diantaranya Lomba Menetek Meneweng, Lomba Dayung Tradisional, Lamba Manyipet, Lomba Mangaruhi, Lomba Malamang, Lomba Mangenta, Lomba Karungut, Lomba Tari Pesisir, Lomba Tari Pedalaman, Lomba Sepak Sawut, Lomba Balogo, Lomba Bagasing, Lomba Lagu Daerah dan Lomba Besei Kambe.

Kegiatan lomba festival budaya IMBT tahun 2023 ini diikuti oleh peserta dari 9 (sembilan) Kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan dari tanggal 7-11 Juli 2023.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…