Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PHBI Barito Utara Gelar Pawai Takbir

By lintasne - Sabtu, 6 April 2024 | 03:35 WIB | 379 Views

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan datangnya hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah tahun 2024, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Barito Utara bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menggelar Pawai Takbir Akbar Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

Ketua PHBI Barito Utara H Arbaidi mengatakan PHBI bekerjasama dengan Pemkab Barito Utara pada tahun ini menyelenggarakan pawai takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 dengan melaksanakan lomba mobil hias dan jalan kaki.

Dimana kata dia, pada tahun-tahun sebelumnya PHBI Barito Utara tidak melaksnakan pawai takbir ini, disebabkan pandemi Covid-19. “Alhamdulillah pada tahun 2023 lalu dan pada tahun 2024 ini kita akan menyelenggarakan pawai Takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri,” kata dia, Sabtu (6/4/2024).

Dijelaskannya, dalam pawai takbir Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2024 ini ada lomba mobil hias dan jalan kaki. Lomba mobil hias ada dua kategori yaitu Mobil Hias Instansi (FKPD, SOPD, BUMN, BUMD dan Vertikal. Sedangkan untuk mobil hias umum diikuti Masjid, Mushola dan Ormas Islam.

Untuk peserta pawai jalan kaki diikuti anak pelajar (sekolah) SMA, MA, SMKN, MTsN, dan Mahasiswa, (Instansi) FKPD, SOPD, BUMN, BUMD dan Vertikal, (umum) Masjid, Mushola dan Ormas.

“Panitia menyediakan hadiah uang dan plakat penghargaan bagi para peserta mobil hias dan pejalan kaki yang dinilai oleh panitia (juri) yang terbaik,” katanya.

Dikatakan H Arbaidi, kriteria penilaian mobil lomba hias ada tiga kriteria yaitu keindahan dan kerapian mobil hias. Kreativitas dan semangat takbiran. Keserasian Tema dan Momentum (Puasa, Idul Fitri dan Zakat)

Pawai dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 ini akan diikuti oleh puluhan mobil hias dari beberapa SOPD, Jamaah Mesjid, Mushola, Perguruan Tinggi dan Ormas Islam di Kota Muara Teweh serta para pelajar.

Untuk rute pawai mobil hias, start dimulai dari Bundaran Rumah Jabatan Bupati – Jalan Temenggung Surapati – Jalan Merak – Jalan Dahlia – Jalan Sengaji Hulu – Jalan Piere Tendean – Jalan Cempaka Putih –Jalan Jendral Sudirman – Jalan Pramuka – Jalan A Yani – dan finish kembali ke Bundaran Air Mancur.

Sedangkan untuk pawai takbir jalan kaki start dimulai di Bundaran Rumah Jabatan Bupati – Jalan Temenggung Surapati – Jalan Timor – Jalan Sengaji Hilir – Jalan Durian – Jalan Temenggung Surapati dan Bundaran Bupati finish di depan rumah jabatan bupati.

“Pawai mobil hias dan jalan kaki menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 ini Insya Allah akan dilaksanakan pada 1 Syawal 1445 Hijriah atau hari Selasa tanggal 9 April 2024, pukul 19.15 WIB hingga selesai,” kata H Arbaidi.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

May 22, 2024

DPRD Barut Harapkan Dukungan Program dan Kegiatan Pemagangan dari Perusahaan

Muara Teweh – Kalangan DPRD Kabupaten Barito Utara mengajak kepada…

May 22, 2024

Kontingen Barito Utara Meraih 9 Medali Emas per 22 Mei 2024

Muara Teweh – Kontingen Kabupaten Barito Utara (Barut) pada Festival…

May 22, 2024

Pemkab Barut Ikuti Pameran Inovasi Penurunan Stunting se Kalteng Tahun 2024

Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui BappedaLitbang setempat…

May 22, 2024

Pj Bupati Barito Utara Lantik dan Ambil Sumpah Janji Kades PAW Bintang Ninggi II

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melantik…

May 21, 2024

Pemkab Barito Utara Tandatangan NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) dalam…

May 21, 2024

Sekretariat DPRD Barito Utara Terima Kunjungan dari DPRD HSU

Muara Teweh – Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara (Setwan Barut)…