Rekor Muri dan Rekor Dunia Jadi Hadiah di Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke 72

By lintasne - Rabu, 29 Juni 2022 | 05:56 WIB | 75 Views

Ket foto : Senior Manager Muri, Awan Rahargo saat menyerahkan piagam Muri ke Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dan Sekda Barito Utara, Drs Muhlis, Rabu 29 Juni 2022.Ket foto : Senior Manager Muri, Awan Rahargo saat menyerahkan piagam Muri ke Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dan Sekda Barito Utara, Drs Muhlis, Rabu 29 Juni 2022.

Lintasnews24, Muara Teweh – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke 72 tahun 2022 menjadi momen penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah. 

Dimana sebelumnya peringatan hari jadi kabupaten Barito Utara dua tahun terakhir diperingati dengan cara yang sederhana, namun di tahun ini setelah masa Pandemi Pemerintah mengadakan peringatan yang cukup meriah. Dimana masyarakat sangat antusias dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dalam memeriahkan peringatan hari jadi ini.

Terlebih, Kabupaten Barito Utara dapat mencetak Rekor MURI atas rekor pembuatan wadai Tumpi Jawau serentak Terbanyak dengan peserta mencapai 1.300 orang lebih dalam 72 stand.

Senior Manager Muri, Awan Rahargo mengatakan, Muri dikenal sebagai lembaga pencatat rekor nasional yang dalam kiprahnya sudah mencapai 32 tahun, hingga saat ini sudah mencatat lebih dari 10.300 prestasi karya superlatif di Indonesia.

Dan semuanya dicatat di hidang masing masing individu, kelompok dan institusi untuk berlomba lomba menyelenggarakan semangat kebanggaan nasional.

Hari ini dalam rangka memperingati hari jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara beragam kegiatan diperlihatkan dalam memeriahkan peringatan ini, salah satunya mendapat atensi dari pencatat rekor nasional sekaligus mencatat rekor dunia yaitu pagelaran festival Manumpi Jawau yang dikemas dalam bentuk perlombaan Tumpi Jawau yang diikuti oleh 72 kelompok dengan peserta mencapai 1.440 orang. 

Dan dalam festival Manumpi Jawau ini juga telah menghasilkan variasi Tumpi Jawau sebanyak 15 variasi jenis untuk yang pertama kalinya.

“Ini yang menarik yakni diikuti 72 kelompok sesuai dengan usia Kabupaten Barito Utara,” kata Awan Rahargo.

Tentu saja cara yang dilaksanakan tersebut selaras dengan keinginan Bupati Barito Utara yakni diharapkan Tumpi Jawau sebagai jajanan yang mampu menciptakan peluang bisnis dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta dapat dikenal secara luas di kanca nasional maupun mancanegara.

” Inilah sejatinya sebuah rekor, karena nantinya rekor hari ini akan dipecahkan, akan tetapi rekor hari ini menjadi sungguh istimewa kerena dipelopori oleh Bupati beserta seluruh jajaran serta masyarakat Barito Utara,” ucapnya.

Jadi, kata dia, sudah pas rasanya istilah ini kita gunakan yakni belum sah rasanya kalau ke Barito Utara belum mencoba Tumpi Jawau. 

Ditambahkannya, bahwa Rekor Muri Manumpi Jawau dicatat dengan nomor rekor ke 10.398.

Piagam penghargaan Muri diserahkan langsung oleh Awan Rahargo ke Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dan ketua panitia kegiatan yakni Sekda Barito Utara, Drs Muhlis.(RDN)

 

 

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 19, 2024

Maksimalkan Pelayanan Publik Sampai ke Desa-Desa

Muara Teweh- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Suhendra menilai saat…

Sep 19, 2024

Harapkan Pemerintah Desa Dapat Maksimalkan BUMdes

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Hasrat S.Ag…

Sep 19, 2024

Ini Harapan Legislator Barut Terkait Program Pembangunan di Barito Utara

Muara Teweh– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kabupaten Barito…

Sep 18, 2024

Penjabat Bupati dan Jajaran Sambut Wakapolda

Muara Teweh- Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen. Pol. DR. Rakhmad Setyadi,…

Sep 18, 2024

Disnakertrankop UKM Barut Gelar Pelatihan Kreasi Kerajinan Berbahan Dasar Rotan Kombinasi Dengan Kulit

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Tenaga…

Sep 18, 2024

Legislator Ini Minta Ortu Batasi Anak Gunakan Smartphone

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Jamilah mengingatkan…