Polres Barito Utara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023

By lintasne - Senin, 17 April 2023 | 09:36 WIB | 280 Views

Muara Teweh – Menjamin keamanan dan ketertiban pemudik saat berpergian, Polres Barito Utara (Barut) melaksanakan apel gelar pasukan operasi Ketupat dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 tingkat Kabupaten Kabupaten Barito Utara di lapangan Mapolres setempat, Senin (17/04/23) petang.

Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra. Tema kegiatan Apel mengangkat tema “Mudik yang Aman dan Berkesan”,. Dan dihadiri oleh, Kapolres Barito Utara, Dandim 1013 Mtw, Satpol Pol PP, Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan, Kepala BPBD, serta seluruh elemen penting Polres Barito Utara.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat menyampaikan sambutan Kapolri Drs Listyo Sigit Prabowo, mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stake holder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H” katanya.

Dikatakannya, operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Nantinya para porsenel tersebut akan menempati 2.787 pos, dengan rincian 1.857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya dalam memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu :

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 merupakan tugas mulia.

Kedua, Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu.

Keempat berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…