Pj Bupati Kunjungi Konservasi dan Tempat Rehabilitasi Satwa Liar Endemik Kalimantan

By lintasne - Kamis, 1 Agustus 2024 | 05:49 WIB | 634 Views

Muara Teweh – Dalam rangka mendukung pelestarian alam di wilayah Kabupaten Barito Utara, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi unsur FKPD setempat dan instansi terkait lainnya melakukan kunjungan dan silaturahmi ke tempat Konservasi dan Tempat Rehabilitasi Satwa Liar Endemik Kalimantan di camp Yayasan Kalaweit Indonesia, yang masuk dalam kawasan Hutan Lindung Pararawen Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (31/7/2024).

Rombongan Pj Bupati disambut hangat oleh Aurelien Francis Brule atau yang lebih dikenal dengan Chanee Kalaweit, yang merupakan Ketua dan Founder Yayasan Kalaweit Indonesia.

Pj Barito Utara Drs Muhlis menyampaikan kedatangan pihaknya bersama rombongan dalam rangka silaturahmi demi menjalin komunikasi yang lebih erat. Sehingga nantinya, akan ada suatu kerjasama yang baik dalam melestarikan alam di Kabupaten Barito Utara.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten sangat mendukung kegiatan konservasi ini karena sangat berharga untuk pelestarian alam maupun satwa liar yang berada dalam kawasan hutan lindung di wilayah Pararawen Desa Pendreh Kabupaten Barito Utara,” kata Pj Buapti Muhlis.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara juga sangat terbuka apabila terdapat hal yang memerlukan koordinasi dan pendampingan dalam pelaksanaan konservasi ini.

Sementara Ketua Yayasan Kalaweit Indonesia Chanee Kalaweit menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kabupaten Barito Utara atas kunjungan dan tujuan pelestarian alamnya.

“Kami sangat senang dengan kehadiran bapak Pj Buapti beserta rombongan, kami merasa didukung dengan kehadiran bapak disini. Karena peran untuk lingkungan bukan sesuatu yang gampang, jadi sangat penting bagi kami di lapangan karena merasa didukung dengan kehadiran bapak disini,” kata Channe.

Chanee juga menyampaikan bahwa pihaknya disini merupakan perpanjangan tangan dari BKSDA untuk konservasi satwa.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, dalam area konservasi ini menampung berbagai satwa endemik Kalimantan dengan didominasi oleh Owa atau yang disebut juga dengan Kalaweit, dengan total tempat penampungan rehabilitasi 200 ekor yang saat ini sudah terisi penuh.

Ia juga menjelaskan tamu yang berkunjung memang sangat dibatasi dan tidak dapat tiap waktu, dikarenakan akan mengganggu habitat dan kondisi satwa yang ada di dalamnya.

“Mengingat satwa yang direhabilitasi sangat sensitif dengan kehadiran manusia,” kata Chanee.

Dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Agussalim Tuo, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara Guntur Triyono, Staf Ahli Bupati Drs H Ardian, Kepala Badan KesbangPol Barito Utara, Sekdis Budparpora, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kapolsek Teweh Tengah AKP Wahyu Satiyo Bidiarjo serta tim Media Tempo Jakarta.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 16, 2024

Harapkan Perusahaan Berdayakan Warga Lokal

MUARA TEWEH – Seperti diketahui bahwa kabupaten Barito Utara (Barut)…

Sep 14, 2024

Suksesnya Turnamen Bola Voli Piala Pj Bupati Cup I Mencerminkan Dedikasi Pemerintah Kabupaten Barito Utara

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis dalam…

Sep 14, 2024

Pemdes Harus Kreatif Dalam Kembangkan Desa

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara, H Benny Siswanto…

Sep 13, 2024

Tingkatkan Sumber PAD Mikro dan Menengah

Muara Teweh – Saat ini di Kalimantan sektor pertambangan dan…

Sep 13, 2024

Para Pengrajin di Barito Utara Perlu Perhatian Pemerintah Daerah

MUARA TEWEH – Kabupaten Barito Utara selama ini belum ada…

Sep 12, 2024

Drs.Muhlis : Capaian Kinerja Mencerminkan Dedikasi Pemerintah Kabupaten Barito Utara

Pj.Bupati Barito Utara Drs.Muhlis didampingi Pj.Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah…