Pj Bupati : FPD Merupakan Wahana Sinkronisasi dan Sinergitas antar Pihak

By lintasne - Kamis, 21 Maret 2024 | 12:50 WIB | 370 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan bahwa forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah (FPD/LPD) ini merupakan wahana harmonisasi, sinkronisasi dan sinergisitas antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan perangkat daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipastif perencanaan pembangunan daerah.

“Forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah ini akan membahas rancangan awal RKPD dan rancangan awal renja perangkat daerah, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD kabupaten di seluruh kecamatan se kabupaten Barito Utara tahun 2025 ini dan pokok–pokok pikiran DPRD Kabupaten Barito Utara tahun 2025,” kata Pj Bupati Muhlis saat membuka kegiatan FPD, di aula BappedalItbang, Kamis (21/3/2024).

Dikatakan Muhlis, setelah terlaksananya Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah ini, diharapkan dapat menghasilkan rancangan renja perangkat daerah dan rancangan RKPD yang memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran yang dirinci per kecamatan.

Dengan demikian jelasnya, pada saat Musrenbang RKPD Kabupaten nantinya, sudah dapat menyusun kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD tahun 2025 dan menyinkronkannya dengan rancangan renja perangkat daerah tahun 2025 dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan daerah kabupaten barito utara.

“Atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin undangan peserta forum perangkat daerah yang berpartisipasi dalam penyusunan renja perangkat daerah dan rancangan RKPD dan yang paling utama untuk kemajuan Kabupaten Barito Utara yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini,” pungkasnya.

Kepala BappedaLItbang Barito Utara melalui Sekretaris BappedaLitbang Heri Gunawan mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan FPD ini agar kepala perangkat daerah menyempurnakan rancangan awal renja perangkat daerah berdasarkan surat edaran kepala daerah tentang pedoman penyempurnaan rancangan awal renja perangkat daerah.

Selain itu rancangan awal renja perangkat daerah sebagaimana dimaksud, dibahas dengan pemangku kepentingan dalam FPD/LPD untuk memperoleh saran dan pertimbangan. “Serta membahas dan menyempurnakan rancangan awal RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025 menjadi rancangan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025,” kata Heri.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…

Jul 20, 2024

Legislator Barut Mengapresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 19, 2024

Dinas Perkimtan Rapat Persiapan Malam Hiburan Rakyat Sambut Hari jadi ke 74 Kabupaten Barut

Muara Teweh – Pada tahun 2024 ini, Kepala Dinas Perumahan,…

Jul 19, 2024

Pemkab Sampaikan Jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) sampaikan…