Penilaian Lomba Desa Mengacu pada Indikator Penilaian sesuai Ketentuan Permendagri

By lintasne - Selasa, 16 Juli 2024 | 06:50 WIB | 409 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan dalam pelaksanaan penilaian perlombaan desa dan kelurahan ini mengacu pada indikator penilaian sesuai ketentuan Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan pada lampiran I tentang instrumen pemantauan dan lampiran II instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan desa dan kelurahan yang terdiri dari 3 (tiga) bidang.

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Drs Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Eveready Noor pada penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng, kategori wilayah, Selasa (16/7/2024).

Dikatakannya, tiga instrumen tersebut yaitu bidang pemerintahan terdiri dari pemerintahan desa/kelurahan, kinerja inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/ e-government, pelestarian adat dan budaya.

Kemudian bidang kewilayahan terdiri dari identitas desa dan kelurahan, batas desa, inovasi tanggap dan siaga bencana. Dan ketiga bidang kemasyarakatan terdiri dari, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Dikatakannya, ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan selain sebagai ajang kompetisi antar desa dan antar kelurahan adalah yaitu untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desanya.

Memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

Meningkatkan pelayanan pemerintahan dan pembangunan terhadap masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar pemimpin desa, aparat desa, lembaga/organisasi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ibu-ibu pkk serta masyarakat lainnya untuk saling bahu membahu membangun desanya.

Meningkatkan inisiatif dan kreativitas dalam rangka percepatan keberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa/ kelurahan dalam membangun desa menuju desa yang mandiri. Meningkatkan tertib administrasi, baik administrasi pemerintahan desa, bpd, posyandu, karang taruna, lpmd dan pkk desa/ kelurahan.

Lebih lanjut Pj Bupati melalui Asisten I, Pemkab Barito Utara selalu mendukung pelaksanaan pembangunan desa dan kelurahan khususnya pelaksanaan lomba desa dan kelurahan secara obyektif sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa lomba desa dan kelurahan adalah suatu kegiatan rutin semata yang sarat dengan acara seremonial.

“Akan tetapi lebih dari itu yang kita harapkan adalah betul-betul merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama sebagai pemimpin dan pemerintah desa sehingga dapat bekerja sama dengan semua lapisan masyarakat untuk berupaya membangun desa/kelurahan,” imbuhnya.

Pj Bupati melalui Asisten I juga juga berharap Desa Benangin II akan terus berbenah untuk ke arah yang lebih baik lagi dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas dengan menggunakan tekhnologi guna percepatan transformasi digital.

“Sehingga nantinya Desa Benangin II bisa menjadi desa yang smart village swadaya, swakarya dan swasembada dan sebagai salah satu desa percontohan di Kabupaten Barito Utara dan Provinsi Kalimantan Tengah.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 7, 2024

Panitia Lakukan Rapat Sambut Kedatangan UAS

Muara Teweh – Jelang kedatangan Ustadz Abdul Somad ke Barito…

Sep 6, 2024

Ketua Sementara DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP, Pimpin Rapat Paripurna III

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna…

Sep 6, 2024

Ketua Sementara DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP Terima Dokumen Raperda Perubahan APBD 2024

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs.Muhlis menyerahkan secara…

Sep 6, 2024

Pemerintah Jawab Pemandangan Umum Fraksi DPRD Barut dalam Rapat Paripurna III

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna…

Sep 6, 2024

Pj Bupati Barut Laksanakan Zoom Meeting Bersama Tim Asistensi Itjen Kemendagri

Muara Teweh- Penjabat Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis didampingi Penjabat…

Sep 6, 2024

DPD BKRMI Barut Laksanakan Kegiatan Sunatan Masal

Muara Teweh – Pejabat Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis didampingi…