Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

By lintasne - Sabtu, 13 Juli 2024 | 09:36 WIB | 408 Views

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Utara (Kadis PUPR Barut) M Iman Topik mengatakan bahwa pembangunan Jembatan Intu Desa Haragandang ini dibangun menggunakan dana APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2023 dengan total biaya sebesar Rp9.990.864.000.

Pembangunan Jembatan Sei Intu berdasarkan dokumen kontrak No : 85/IV/DPUPR-BM/2023 tanggal 06 April 2023 dengan kontraktor CV. Dua Satria Pusat Muara Teweh. Jembatan Intu Haragandang dibangun tahun 2023 dan selesai tahun 2024.

“Jembatan Intu Desa Haragandang ini dibangun dengan panjang total jembatan 64 meter. Dengan bentang utama menggunakan struktur jembatan rangka baja dengan panjang 40 meter dan lebar 6 meter, serta ada dua buah jembatan penghubung menggunakan struktur jembatan baja girder dengan panjang masing-masing 12 meter dan lebar 6 meter. Dan ditambah dengan luncuran jembatan (opritan) dari arah karendan dengan panjang 33 meter dan dari arah Haragandang 36.6 meter dengan lebar 6 meter,” kata Kadis PUPR M Iman Topik, Sabtu (13/7/2024).

Dikatakan Kadis PUPR, data teknis jembatan yaitu jenis jembatan type truss kelas c (pejalan kaki/roda2/roda4). Pengadaan dan pemasangan rangka baja kelas c bentang 40m. Penyediaan struktur baja jembatan wf600 – p=12m. Penyediaan struktur baja jembatan wf200 – p=12m. Penyediaan dan pemancangan tiang pancang baja diameter 400 mm tebal 12 mm. Pembesian dan pengecoran abutment dan pilar jembatan. Pembesian dan pengecoran lantai jembatan.

Menurut Kadis PUPR, jembatan ini merupakan jembatan satu-satunya yang menjadi penghubung Desa Haragandang dengan desa-desa lainnya, sehingga memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat serta membuka akses pertumbuhan perkembangan daerah.

Pada kesempatan itu Kadis PUPR M Iman Topik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis dan DPRD Kabupaten Barito Utara serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, dalam pelaksanaan pembangunan Jembatan Intu Desa Haragandang.

“Dan selanjutnya kami mohon dengan hormat pada saatnya nanti kepada bapak Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis kiranya dapat memberikan sambutan sekaligus melakukan peresmian dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita serta pencanangan pembukaan jalan Desa Jamut – Desa Liju sepanjang 12 km Kecamatan Teweh Timur dalam program Bakti Karya TNI Kodim 1013 Muara Teweh tahun anggaran 2024,” kata dia.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 7, 2024

Panitia Lakukan Rapat Sambut Kedatangan UAS

Muara Teweh – Jelang kedatangan Ustadz Abdul Somad ke Barito…

Sep 6, 2024

Ketua Sementara DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP, Pimpin Rapat Paripurna III

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna…

Sep 6, 2024

Ketua Sementara DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP Terima Dokumen Raperda Perubahan APBD 2024

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs.Muhlis menyerahkan secara…

Sep 6, 2024

Pemerintah Jawab Pemandangan Umum Fraksi DPRD Barut dalam Rapat Paripurna III

Muara Teweh – DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Paripurna…

Sep 6, 2024

Pj Bupati Barut Laksanakan Zoom Meeting Bersama Tim Asistensi Itjen Kemendagri

Muara Teweh- Penjabat Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis didampingi Penjabat…

Sep 6, 2024

DPD BKRMI Barut Laksanakan Kegiatan Sunatan Masal

Muara Teweh – Pejabat Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis didampingi…