Kepsek, Pengawas dan Guru Lingkup Disdik Laksanakan Sertijab

By lintasne - Selasa, 2 Mei 2023 | 04:57 WIB | 276 Views

Muara Teweh – Menindaklanjuti pelantikan kepala sekolah dan pengawas oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang dilaksanakan pada Jumat 3 April 2023 lalu, Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) kepala sekolah (Kepsek) dan guru, di aula Disdik setempat, Selasa (2/5/2023).

Sertijab Kepsek dan pengawas dihadiri Kadis Pendidikan Syahmiludin A Surapati, Kepala BKPSDM, Sekretaris BKPSDM, Sekdis Pendidikan, Kabid lingkup Disdik, Korwas dan pengawas SMP, korwil dan pengawasa Pendidikan Kecamatan dan undangan lainnya.

“Proses serah terima jabatan yang dilaksanakan ini agak terlambat, karena Kepsek baru pasca libur sekolah sejak awal ramadhan. Dan Alhamdulillah pada hari ini baru bisa kita laksanakan untuk serah terima jabatan kepsek, pengawas dan guru,” kata Kadis Pendidikan Syahmiludin A Surapati.

Kadis Pendidikan mengingatkan kepada kepsek untuk kegiatan sertijab yang dilaksanakan ini bagian dari tahapan seremonial yang menandai berpindah tugas dan tanggungjawab dari pejabat lama ke pejabat yang baru, maupun bagi mereka yang dipercayakan kembali sebagai kepala sekolah.

“Apa yang kita laksanakan pada hari ini, kalau kita kilas balik ke belakang hampir satu bulan lamanya namun untuk legalitas SK secara terinci pada tanggal pelantikan 3 April 2023. Hal itu yang menjadi perhatian kita semua,” kata Syahmiludin.

Syahmil juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjabat. “Dan kepada pejabat baru dan dipercayakan pimpinan, kami meminta agar meneruskan kegiatan yang sudah baik dari pejabat sebelumnya dan siap untuk membenahi hal-hal yang masih belum terselesaikan,” kata dia.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan, pihaknya akan mengevaluasi kinerja pejabat baru, sejauhmana kita dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan tersebut. Dan tentunya kalau kita dilingkup Dinas Pendidikan akan melibatkan berbagai pihak sesuai dengan tufoksinya seperti pengawas, korwil pendidikan, korwil pendidikan kecamatan juga masyarakat dan juga pada pertimbangan jabatan dan kepangkatan yang ada di Disdik.

“Ini yang akan kita terus lakukan nantinya dengan mengacu pada mutu dari masing-masing kepala sekolah yang akan dinilai dan akan dilaksanakan evaluasi. Tujuannya tidak lain adalah untuk memastikan amanah dan jabatan yang diberikan tersebut bisa memberikan motivasi dan semangat untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan yang berkualitas di daerah ini, sesuai apa yang menjadi program dari Pemkab Barito Utara,” kata dia lagi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Barito Utara Hj Sri Hartati mengatakan bahwa dalam pengangkatan Kepala Sekolah di daerah ini pihaknya terlebih dahulu melakukan penggodokan terlebih dahulu terhadap calon kepsek. “Kepala Sekolah yang diangkat ini semuanya sudah memenuhi persyaratan,” kata Kaban KPSDM Hj Sri Hartati.

Adapun serah terima jabatan diikuti sebanyak 28 orang dengan melakukan penandatanganan berita acara serah terima jabatan antara pejabat kepala sekolah lama dengan pejabat kepala sekolah yang baru.

Hasil dari pelantikan pada 3 April 2023 lalu, guru yang diangkat menjadi pengawas 1 (satu) orang, kepala sekolah yang diangkat menjadi pengawas 2 (dua) orang, guru yang diangkat menjadi kepala sekolah sebanyak 13 orang dan perpanjangan SK kepala sekolah serta mutasi sebanyak 30 orang.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…