Hadapi Musim Kemarau, PT MPG Sosialisasi Pencegahan Karhutla

By lintasne - Kamis, 11 Mei 2023 | 08:23 WIB | 272 Views

Barito Utara – PT Multipersada Gatramegah (MPG) sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Barito Utara bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan Pabrik Pengelolaan Kelapa Sawit melaksanakan berbagai program
kegiatan.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (11/5) lalu, terutama menjelang masuknya musim kemarau, PT.MPG telah mengadakan kegiatan
sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan sosialisasi ini menyasar sejumlah desa sekitar perusahaan. Diantaranya Desa Karamuan, Desa Pendreh, Desa Sei Rahayu 1, Desa Sei Rahayu 2, Desa Rimba Sari, Desa Beringin Raya dan Desa Datai Nirui.

Dalam pelaksanaannya, PT MPG bekerjasama dengan BPBD Barito Utara, Dinas Lingkungan Hidup, Manggala Agni, Dinas Pertanian, serta di hadiri juga oleh unsur Tripika, seperti Camat Lahei Barat dan Camat Teweh Tengah, Kapolsek Lahei dan Teweh Tengah serta Danramil Lahei dan Danramil Teweh Tengah.

Manager Humas PT. MPG, Ibrahim menyampaikan, peserta yang mengikuti kegiatan yaitu tim pemadam kebakaran perusahaan dan Masyarakat Bebas Api (MBA) dari desa-desa sekitar perusahaan,.

“Selain dikenalkan dengan perlengkapan alat pemadam kebakaran dan cara penggunaannya. Para peserta juga melakukan simulasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” jelas Ibrahim, Senin (15/5/2023).

Menurut Ibrahim, seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan di wilayah PT MPG yang berada di Km 32 jalan Muara Teweh – Puruk Cahu.

“Selain sosialisasi Karhutla, pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU MBA dengan desa-desa sekitar perusahaan. Apabila dalam kurun waktu 1 tahun tidak terjadi kebakaran di desa tersebut, makan perusahaan akan memberikan reward kepada desa-desa yang berhasil mencegah Karhutla di wilayahnya masing-masing hal itu sesuai dengan MoU antara desa dan PT.MPG,” ungkap Manager Humas PT MPG ini.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Barut, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan perusahaan. Ini merupakan bukti nyata dan komitmen PT MPG, dalam membantu pemerintahan daerah mencegah dan menanggulangi terjadinya Karhutla.

Apresiasi maupun penghargaan yang sama juga disampaikan Kepala Kepolisian sektor Lahei, Danramil Teweh Tengah dan Dinas lingkungan hidup Kabupaten Barito Utara.

(Adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

May 22, 2024

DPRD Barut Harapkan Dukungan Program dan Kegiatan Pemagangan dari Perusahaan

Muara Teweh – Kalangan DPRD Kabupaten Barito Utara mengajak kepada…

May 22, 2024

Kontingen Barito Utara Meraih 9 Medali Emas per 22 Mei 2024

Muara Teweh – Kontingen Kabupaten Barito Utara (Barut) pada Festival…

May 22, 2024

Pemkab Barut Ikuti Pameran Inovasi Penurunan Stunting se Kalteng Tahun 2024

Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui BappedaLitbang setempat…

May 22, 2024

Pj Bupati Barito Utara Lantik dan Ambil Sumpah Janji Kades PAW Bintang Ninggi II

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melantik…

May 21, 2024

Pemkab Barito Utara Tandatangan NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) dalam…

May 21, 2024

Sekretariat DPRD Barito Utara Terima Kunjungan dari DPRD HSU

Muara Teweh – Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara (Setwan Barut)…