Disnakertranskop UKM Barito Utara Rakor Ketenagakerjaan Pemagangan Dalam Negeri

By lintasne - Senin, 20 Mei 2024 | 02:11 WIB | 373 Views

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara menggelar rapat koordinasi (rakor) ketenagajerjaan pemagangan dalam negeri tahun 2024, di aula BappedaLitbang, Senin (20/5/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri pejabat eselon III dan IV, pejabat fungsional pada Dinas Nakertranskop UKM, narasumber, peserta dan undangan lainnya.

“Pemagangan adalah bagian dari sistim pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang sudah perpengalanan (mentor) dalam rangka menguasai keterampilan, keahlian atau kompetensi tertentu.” Kata Kadis Nakertranskop UKM, M Mastur saat membuka kegiatan tersebut.
Dikatakannya, sebelum peserta pemagangan ditempatkan ke lokasi masing-masing sangat perlu diberikan pembekalan dan pengenalan secara umum tentang dunia kerja dimana peserta magang nanti ditempatkan, terutama terkait dengan norma ketenagakerjaan, peraturan dan ketentuan pemagangan dan teknis lainnya.

“Diharapkan kepada seluruh peserta pemagangan sebelum ditempatkan, sedikit banyak sudah mengetahui peraturan dan ketentuan pemagangan, norma-norma ketenagakerjaan dan teknis lainnya. Sehingga pemagangannya dapat berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana yang diharapkan,” kata Mastur.

Lebih lanjut Mastur mengatakan, program dan kegiatan pemagangan ini sangat strategis dalam upaya kita menciptakan tenaga kerja yang memiliki pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta kompetensi yang diharapkan menjadi tenaga kerja yang siap kerja dan siap pakai.

Dan jelasnya melalui program pemagangan ini, diharapkan kepada seluruh perusahaan dimana peserta pemagangan ditempatkan dapat merekrut menjadi karyawan perusahaan. Sehingga salah satu upaya Pemkab Barito Utara bersama stakeholder terkait dalam rangka penciptaan lapangan kerja, penanggulangan inflasi dan pengangguran di daerah ini dapat terwujud.

“Kepada seluruh peserta pemagangan, ikutilah pembekalan pemagangan ini secara disiplin, serius dan sungguh-sungguh sampai dengan selesai, lebih banyaklah berdiskusi/tanya jawab dengan nara sumber/pemateri,” kata Mastur.

Sementara Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Ronald Aprianto mengatakan maksud dan tujuan Rapat Koordinasi ini dilaksanakan untuk menyampaikan hak dan kewajiban peserta magang, membekali peserta magang dengan pengetahuan tentang ketenagakerjaan dan dunia industri.

Kemudian kata dia mempersiapkan mental dan sikap profesional peserta sebelum memasuki dunia kerja. Menciptakan lapangan kerja dan penangulangan pengangguran di Kabupaten Barito Utara setra mempererat hubungan kerjasama dengan perusahaan daerah maupun swasta dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di daerah.

“Dalam rakor ketenagakerjaan pemagangan dalam Negeri ini diikuti sebanyak 50 orang yang ditempatkan tersebar di 14 perusahaan lingkup Kabu[aten Barito Utara untuk mengisi 9 formasi atau jurusan pemagangan, yaitu Administrasi Perkantoran, Mekanik Alat Berat, Mekanik Sarana, Helper Mekanik, Crew Survey, Operasional Lapangan, Geologi Pertambangan, Komputer dan Jaringan, serta Kimia Analis,” kata Ronald Aprianto.

Sedangkan untuk materi dan narasumber yaitu materi penerapan hak dan kewajiban peserta magang dan perusahaan atau penyelenggara pemagangan. Narasumber Kadis Nakertranskop dan UKM.

Disiplin dan motivasi kerja peserta magang narasumber PT Mitra Barito Group, perlindungan tenaga kerja melalui penerapan norma ketenagakerjaan, narasumber PT Hamparan Mulya, Mewujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis dan Berkelanjutan narasumber Kabid Ketenagakerjaan, Peran Perusahaan dalam Mewujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis narasumber PT Pama Persada Nusantara.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Dewan Apresiasi Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu untuk Kesejahteraan Warga

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…