Dinas Pertanian Barito Utara Panen Bersama Padi Ladang Talun Koyem di Desa Sabuh

By lintasne - Rabu, 22 Maret 2023 | 06:01 WIB | 279 Views

Muara Teweh – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Barut), bersama kelompok tani (Poktan) “Matingkun Lemai” Desa Sabuh melaksanakan panen bersama padi ladang Talun Koyem, di lahan satu hektar milik poktan Matingkun Lemai di Desa Sabuh Kecamatan Teweh Baru, Rabu (22/3/2023).

Kegiatan panen padi ladang varitas Talun Mayang atau yang dikenal dengan Talun Koyem tersebut mengambil tema “Optimalisasi Lahan Kering Gununakan Varitas Talun Unggulan Daerah”.

Panen bersama padi ladang ini dihadiri oleh Sekdis Pertanian Barito Utara H Alianor, anggota DPRD Barito Utara Dapil IV Hj Netty Herawaty, Inspektorat Barito Utara, Camat Teweh Baru Joni, Unsur Tripika, Kepala Desa Sabuh, Kepala Desa Liang Naga, kepala Bidang Dinas Pertanian, Penyuluh serta undangan lainnya.

Sekdis Pertanian Barito Utara, H Alianor mengatakan kegiatan panen padi ladang talun koyem ini, mampu berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan hidup warga yang ada di sekitarnya.

Dikatakannya, rangkaian kegiatan panen bersama ini adalah panen padi ladang, progres pertumbuhan padi yang ditanam oleh petani cukup baik, panen padi ladang ini yang mana sebelumnya selalu memanen padi sawah, di Kabupaten Barito Utara potensi padi ladang cukup mumpuni, meskipun provitas agak berbeda dengan padi sawah.

“Yang mana padi sawah biasanya angka rata-rata diatas enam, mudah mudahan pada hari ini panen padi ladang yang kita kembangkan di Kabupaten Barito Utara, mudah mudahan panen provitasnya bisa mencapai 5 ton per hektar,” kata Sekdis Pertanian.

Dirinya berharap para petani lainya mampu menanam padi ladang yang cukup menjanjikan hasilnya. Dan biasanya padi ladang apabila dibawa kepasar, biasa akan berebut orang akan membelinya, hasil padi ladang berupa talun koyem, atau talun lainnya.

Sementara Koordinator Balai Penyuluhan (BPP) Kecamatan Teweh Baru dan Teweh Selatan, Suria mengatakan Desa Sabuh merupakan setral lubung padi ladang di kecamatan Teweh Baru.

“Untuk Desa Sabuh saat ini telah menyiapkan 8 (delapan) hektar lahan pada ladang untuk pengembangan talun mayang atau talun koyem,” kata dia.

Suria menambahkan, setiap desa yang ada lahan potensial wajib menyiapkan 5-10 hektar lahan yang dikelola oleh masing-masing desa. Lahan tersebut untuk potensi Kabupaten Barito Utara kedepannya.

Dimana secara keselurhuan sebanyak 11 ribu hektar, dengan sistim berfungsi sudah ditangani, dan 26 ribu ribu hektar potensial.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…