Dinas Nakertranskop UKM Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Rotan

By lintasne - Rabu, 8 November 2023 | 08:53 WIB | 261 Views

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara (Disnakertranskop UKM Barut) menggelar kegiatan pelatihan kerajinan anyaman berbahan dasar rotan, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan pelatihan kerajinan anyaman berbahan rotan ini dihadiri pengrajin anyaman rotan Teweh Timur, Gunung Purei, Pimpinan PT PAMA Persada Nusantara job Site BEK Benangin, pimpinan PT Trush, peserta pelatihan dan undangan lainnya.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan perwujudan dari salah satu program Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara yang bertujuan memperkuat produktivitas, profesional dan daya saing tenaga kerja mandiri (wirausaha), koperasi, usaha mikro dan kecil di Kabupaten Barito Utara,” kata Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur saat membuka kegiatan pelatihan.

Menurut Mastur, pelatihan kerajinan anyaman berbahan dasar rotan ini, terkhusus lagi masyarakat yang berada di sekitar hutan, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah kerajinan berbahan dasar rotan dengan memadukan kreasi dan inovasi.

“Seperti modifikasi berbagai tas, dompet dan lain-lain, dengan bahan dasar rotan kombinasi dengan bahan kulit, sehingga menghasilkan produk yang trand, berkualitas dan bernilai jual tinggi yang dapat diterima masyarakat modern dan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas,” kata Mastur.

Mastur juga mengatakan pelatihan ini juga bertujuan agar menambah wawasan, pengetahunan dan keterampilan bagaimana cara menjaga kualitas produk untuk meningkatkan daya saing produk, menjalin kemitraan dengan agen untuk menjaga kontinuitas pasokan dan permintaan, meningkatkan kapasitas teknologi produksi dan pemasaran (marketing) produk.

Sementara Kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang juga panitia pelaksana kegiatan Hj Restani mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan peserta dalam mengelola kerajinan berbahan dasar rotan khususnya aksesoris, pembuatan tas dan dompet dengan memadukan gaya yang lebih modern.

Selain itu kata dia, meningkatkan wawasan dalam meningkatkan strategi pengembangan kerajinan anyaman rotan sehingga menghasilkan produk yang berkualitas, membuka peluang usaha baru serta mengurang pengangguran di Kabupaten Barito Utara.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 8-9 November 2023 di aula Kecamatan Teweh Tengah dengan peserta sebanyak 25 orang dari Teweh Timur dan Gunung Purei,” kata Hj Restani.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Dewan Apresiasi Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu untuk Kesejahteraan Warga

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…