Bupati Nadalsyah Buka Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan

By lintasne - Jumat, 7 Juli 2023 | 01:25 WIB | 265 Views

Muara Teweh – Bupati Barito Utara (Barut), H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra Unsur FKPD, anggota DPRD Barito Utara secara resmi membuka even tahunan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tahun 2023, Jumat (7/7/2023) malam di Stadion Swakarya Muara Teweh.

Dalam kegiatan Festival BIMBT tahun 2023 ini diikuti 9 (sembilan) Kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Utara, dengan jumlah peserta yang ikuti dalam event ini sebanyak 1136 peserta.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam sambutannya mengatakan festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan merupakan agenda rutin setiap tahun sebagai salah satu rangkaian dalam memperingati serta memeriahkan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Barito Utara.

“Melalui kegiatan ini dapat menjadi sebuah ajang promosi pariwisata daerah dan event untuk menggali, menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional yang kita miliki. Kabupaten Barito Utara memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, bahasa dan budaya daerah,” kata Bupati Nadalsyah.

Dikatakannya, kekayaan khasanah seni budaya tradisional tersebut hendaknya dapat menjadi suatu kebanggaan dan potensi yang mendukung didalam pembentukan etika, budaya dan moral masyarakat Barito Utara.

Lebih lanjut Nadalsyah kebanggaan dan kecintaan terhadap seni budaya tradisional ini akan memupuk dan memelihara sikap nasionalisme yang dilandasi semangat Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tercinta.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada atlet, seniman dan seniwati yang pada kegiatan Festival Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada bulan Juni lalu, berjuang untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Barito Utara dengan memperoleh juara pertama pada beberapa cabang lomba,” ucap Nadalsyah.

Nadalsyah juga berharap melalui kegiatan festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan ini mampu mempertahankan budaya serta mensosialisasikan bagi generasi muda kita akan kekayaan serta kearifan lokal budaya di Kabupaten Barito Utara.

“Saya berharap kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Barito Utara agar terus menggali dan mencari potensi-potensi seni budaya tradisional yang kita miliki sehingga dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan daerah dari wisatawan lokal maupun mancanegara, karena salah satu faktor yang menarik kunjungan wisatawan selain kondisi alam adalah seni budaya daerah,” kata Bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Tentunya kata H Koyem untuk mewujudkan kepentingan tersebut harus ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung seperti transportasi sebagai contoh penerbangan dari Bandara Haji Muhammad Sidik sudah melayani penerbangan connecting dari Jakarta maupun Surabaya via transit di Banjarmasin.

“Dan yang tidak kalah penting adalah komunikasi dan keamanan yang baik serta terjamin agar wisatawan yang datang ke daerah kita Kabupaten Barito Utara ini dapat merasa aman dan nyaman,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Nadalsyah berpesan kepada seluruh atlet agar menjunjung sportivitas serta suasana yang kondusif dalam setiap perlombaan.

“Kalah dan menang hal yang wajar dalam setiap perlombaan, tetap semangat untuk meraih hasil terbaik bagi masing-masing kontingen kecamatan,” pungkasnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…