Bupati Buka Bimtek Penandatanganan Elektronik bagi Perangkat Daerah

By lintasne - Kamis, 22 Juni 2023 | 03:48 WIB | 266 Views

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfo Sandi) setempat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penandatanganan Elektronik bagi Perangkat Daerah, di bedung DPRD setempat, Kamis (22/6/2023).

Kegiatan Bimtek Penandatanganan Elektronik bagi Perangkat Daerah tersebut dibuka Bupati Barito Utara melalui Wakil Bupati Sugianto Panala Putra. Dan dihadiri unsur pimpinan DPRD, unsur FKPD, asisten sekda, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Sugianto Panala Putra mengatakan mengatakan bahwa salah satu komponen pendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik ini dalam konsep reformasi birokrasi, dengan implementasi tanda tangan elektronik (TTE).

“Dimana telah kami uji coba dalam beberapa surat yang diterbitkan secara digital, kami mengakui bahwa (TTE) dapat berdampak langsung dalam percepatan birokrasi dibanding dengan penggunaan tanda tangan basah secara umum,” kata wabup Sugianto Panala Putra.

Selain tidak lagi terikat waktu dan tempat, (TTE) juga mampu meminimalisir penyalahgunaan dan pemalsuan tanda tangan orang yang bersangkutan, selain itu manfaatnya lebih cepat, serta (TTE) juga lebih aman.

“Namun yang perlu kita sadari bersama, implementasi (TTE) ini dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara, akan berdampak pada perubahan pola dan kebiasaan dalam alur birokrasi kita,” kata Wabup membcakan sambutan bupati.

Hal ini jelas Wabup mengharuskan kita agar kembali membuka diri dalam arus transformasi digital dan juga mempertahankan momentum digitalisasi yang telah kita bangun bersama, sehingga Smart City Batara dapat segera di wujudkan

“Saya berharap agar seluruh ASN dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Barito Utara sudah harus mulai membuka diri terhadap perubahan era digital, dan kemajuan teknologi yang sudah tidak lagi bisa kita hindarkan, sehingga aparatur Pemkab Barito Utara siap mewujudkan e-government dalam pelayanan publik menuju Smart City Batara,” ucapnya.

Wabup juga berharap kepada Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara agar dapat mengembangkan dan mengintegrasikan (TTE) ini kedalam sistem-sistem lain yang dirasa perlu, terutama yang berorientasi kepada percepatan pelayanan publik.

Semoga kata Sugianto Panala Putra dampak positif yang di dapat dari implementasi (TTE) ini, tidak hanya di dalam lingkup Pemkab Barito Utara yang merasakannya, tapi juga masyarakat Barito Utara secara luas melalui integrasi sistem yang berorientasi pelayanan publik tadi dengan (TTE).

“Saya berpesan agar inovasi-inovasi digital melalui kolaborasi antar OPD agar tetap terus digalakkan supaya kita bisa menjaga momentum digitalisasi ini secara terarah, terpusat dan berkelanjutan,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Bupati melalui Wakil Bupati pada kesempatan itu berpesan agar setelah diadakannya bimbingan teknis ini nantinya, birokrasi tidak berbelit-belit, dapat dipercepat dengan tetap mengedepankan asas dan kaidah peraturan naskah dinas yang telah ditetapkan.

“Bekerja dapat dilakukan dimana saja, kapan saja untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini,” kata Wabup mengakhiri sambutan Bupati H Nadalsyah.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…