BPS Barito Utara Adakan Pelatihan UTP Sensus Petanian Tahun 2023

By lintasne - Jumat, 19 Mei 2023 | 04:55 WIB | 272 Views

Muara Teweh – Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Utara (BPS Barut) mengadakan pelatihan bagi petugas lapangan Unit Petanian Perorangan (UTP) pada sensus pertanian Tahun 2023 Gelombang I, di salah satu aula Hotel di Muara Teweh, Jumat (19/5/2023)

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP), mewakili Kadis Pertanian Husnul Khatimah, dan Diskominfosandi, Kepala BPS Barito Utara Akhmad Nasrullah,

Kepala Badan Pusat Statistik Barito Utara, Akhmad Nasrullah mengatakan hasil sensus pertanian 2023 merupakan pijakan untuk merancang masa depan pertanian dan pangan ke depan. Sensus Pertanian 2023 diharapkan menjawab Isu Pertanian Global dan Nasional.

“Kunci pertanian pangan global diantaranya, ketahanan pangan, akses mendapatkan pangan, dan keterjangkauan pangan tersebut, kualitas dan keamanan pangan (nutrition) dan keberlanjutan (sustainability) pangan secara sosial, ekonomi dan lingkungan,” kata Nasrullah.

Nasrullah mengatakan, ada sejumlah tantangan pertanian dan pangan nasional yang dihadapi diantaranya, masih rendah pengetahuan dan adopsi teknologi pertanian, adanya tekanan permintaan pangan domestik terus meningkat, belum optimalnya dukungan sarana dan prasarana produksi, lemahnya implementasi food losses dan waste management food losses.

Selain itu juga kata dia, hilangnya sejumlah pangan pada tahapan produksi dan distribusi sebelum pada tahapan konsumsi. Sedangkan Food Waste adalah setiap makanan dengan kualitas baik, yang dapat dikonsumsi manusia tetapi karena alasan tertentu tidak dikonsumsi dan tidak dimanfaatkan.

“Hal ini masih tingginya prevalensi stunting dan gizi buruk di sejumlah wilayah, geing farmers (atau usia petani yang tua) dan sulitnya regenerasi petani, dominasi pertanian skala kecil dan tidak berkelanjutan, semakin banyaknya konversi lahan pertanian, dan adanya dampak perubahan iklim,” ucap Akhmad Nasrullah.

Lebih lanjut Nasrullah mengatakan, penyelenggaraan sensus pertanian dilakukan oleh BPS sejak tahun 1963. “Sensus Pertanian 2023 (ST2023) adalah yang ketujuh kalinya,” kata dia.

Dikatakannya lagi, dasar pelaksanaan sensus pertanian adalah Rekomendasi FAO dan Amanat UU No 16 Tahun 1997 bahwa Sensus pertanian dilaksanakan 10 tahun sekali tiap tahun berakhiran 3.

Adapaun tujuan dan manfaat yang didapat dari hasil sensus pertanian Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada 1 Juni sampai 31 Juli akan menghasilkan Informasi strategis. “Dengan tersedianya data pertanian yang berkualitas dari hasil Sensus Pertanian, maka akan mendukung kebijakan strategis pemerintah,” ujarnya.

Nasrullah juga menyampaikan, untuk petugas Sensus Pertanian 2023 yang mengikuti pelatihan ini, agar semangat dalam mengikuti pelatihan, pahami dengan baik materi yang disampaikan, dan jangan malu bertanya jika ada hal yang belum di pahami dan juga sebagai ujung tombak penentu kualitas data ST2023.

“Oleh karena itu petugas sensus harus menguasai konsep dana memiliki kemampuan probing yang baik. Untuk itu, semua peserta agar mengikuti dengan sebaik-baiknya pelatihan ini,” ucapnya.

Peserta yang mengikuti pelatihan petugas lapangan unit patanian perorangaan (UTP) Tahun 2023 berjumlah 60 orang. Dari petugas lapangan sensus (PLS) 47 orang, pemeriksa lapangan sensus (PML) sebanyak 9 orang dan Koseka (petugas pengawas seluruh pemeriksa lapangan sensus di wilayah tugasnya) sebanyak 4 orang.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…