190 Peserta Ikuti Tahapan Seleksi Calon Paskibraka tahun 2024

By lintasne - Kamis, 7 Maret 2024 | 09:24 WIB | 383 Views

Muara Teweh – Sebanyak 190 peserta dari SMA Sederajat di wilayah Kabupaten Barito Utara mengikuti tahapan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 di gedung balai Antang Muara Teweh, Kamis (7/3/2024).

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala Badan KesbangPol Kabupaten Barito Utara Rayadi mengatakan ke 190 orang peserta tersebut dinyatakan lulus administrasi yang selanjutnya berhak mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024.

“Semoga ananda sukses mengikuti seleksi Paskibraka dengan baik serta menjadi utusan Kabupaten Barito Utara di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan tingkat Nasional di IKN,” kata Kaban KesbangPol, Rayadi membacakan sambutan tertulis Pj Bupati.

Dikatakannya, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan tahapan seleksi calon peserta paskibraka yang nantinya akan melaksanakan tugas menjadi pengibar bendera sang saka merah putih pada tanggal 17 Agustus 2024.

“Semuanya tentu harus diperjuangkan sejak dini, selain memerlukan pengorbanan, juga disertai niat, tekad, semangat, kerja keras, keuletan serta ketekunan dari seluruh peserta,” kata dia lagi.

Pj Bupati juga mengatakan kepada peserta calon Paskibraka agar dapat mengikuti seleksi dengan sungguh-sungguh, siapkan mental dan fisik dan juga kesehatan selama mengikuti tahapan seleksi.

Lebih lanjut Pj Bupati program paskibraka ini merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila yang dilaksanakan melalui pembinaan kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, dan peningkatan wawasan kebangsaan kepada putra dan putri terbaik bangsa.

“Besar harapan kami kepada ananda sekalian supaya mampu memberikan pengaruh positif baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun dalam pergaulan di masyarakat, mampu menjadi ujung tombak penjaga ideologi Pancasila, membangun persatuan bangsa, pertahankanlah persaudaraan dan kekompakan ketika melangkah kedepan menuju masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati melalui Kaban KesbangPol mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, para pembina/pembimbing yang ikhlas membimbing siswa-siswi terbaik calon anggota paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaran seleksi calon paskibraka ini agar selektif dan berlaku adil dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.

Sementara Kepala KesbangPol Barito Utara Rayadi usai pembukaan seleksi kepada awak media mengatakan pembentukan Paskibraka tahun 2024 Kabupaten Barito Utara sekarang ini sudah memasuki tahapan seleksi.

Dimana kata dia tapaan pertama didahului seleksi administrasi dan yang lulus sebanyak 190 orang dari berbagai sekolah STLA/Sederajat se Kabupaten Barito Utara, serta sekarang dilaksanakan tes PIP dan TIU secara online yang nanti hasilnya langsung terlihat di HP perserta masing-masing (pelajar yang ikut seleksi-red).

“Dalam seleksi ini para peserta harus bisa memenuhi standar kelulusan yang ditentukan oleh BPIP. Setelah itu terus berproses yang dilanjutkan dengan tes kesehatan dan parade,” kata Kaban KesbangPol, Rayadi ditemui di gedung Balai Antang Muara Teweh.

Dikatakannya, pembentukan paskibraka bukan saja persiapan untuk pengibaran sang saka merah putih saja tetapi mereka juga terus dibina oleh Pemerintah secara berkelanjutan untuk di persiapkan menjadi pemimpin masa depan yang berkreakter Pancasila, berwawasan kebangsaan dan lain sebagainya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…

Jul 20, 2024

Legislator Barut Mengapresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 19, 2024

Dinas Perkimtan Rapat Persiapan Malam Hiburan Rakyat Sambut Hari jadi ke 74 Kabupaten Barut

Muara Teweh – Pada tahun 2024 ini, Kepala Dinas Perumahan,…

Jul 19, 2024

Pemkab Sampaikan Jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) sampaikan…