4 Saran dan Masukan Disampaikan Fraksi PKB terhadap Raperda Perubahan APBD

By lintasne - Selasa, 12 September 2023 | 07:00 WIB | 271 Views

Muara Teweh – Dalam pendapat akhir Fraksi pendukung dewan terhadap raperda Perubahan APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2023, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Barito Utara sampaikan 4 saran dan masukan kepada Pemkab Barito Utara.

Juru bicara Fraksi PKB DPRD Barito Utara, Suhendra mengatakan ada 4 (empat) saran dan masukan yang disampaikan oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa terhadap raperda Perubahan APBD tahun 2023.

Pertama, dalam rangka mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD), Fraksi PKB meminta agar pemerintah secara ketat melakukan pengawasan agar bisa menekan tingkat kebocoran dalam mata rantai pemungutan. Disamping itu secara periodeik melakukan diagnosa komprehensif terhadap kondisi kesehatan BUMD (PDAM dan Perusda Batara Membangun) agar diharapkan dapat mendongkrak PAD.

Kedua, perihal belanja daerah, kiranya perlu dilakukan langkah efektifitas belanja operasi dan disamping itu harus selektif dalam melakukan belanja modal, agar bermodalkan pada prinsip efektif, efesien, ekonomis, transparan dan bertangungjawab dengan memperhatikan azas keadilan, kepatuhan dan manfaat untuk masyarakat.

Ketiga, perihal belanja hibah, fraksi PKB meminta agar daftar penerima hibah betul-betul selektif dan diprioritaskan untuk yang mampu memberikan manfaat berupa penguatan terhadap perekonomian masyarakat di daerah ini.

Keempat, mengingat sisa waktu tahun anggaran 2023 tinggal beberapa bulan lagi, maka fraksi PKB mengingatkan kembali agar perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan dimasing-masing OPD dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang tersisa agar bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di daerah ini dan jangan menjadi SiLPa.

“Dengan mengucapkan Bismilahirahmanirahim dan berharap ridho Allah SWT, Fraksi PKB dapat menerima raperda tentang Perubahan APBD Barito Utara tahun 2023 disyahkan menjadi Perda Barito Utara,” pungkasnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Dewan Apresiasi Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu untuk Kesejahteraan Warga

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…