Pj Bupati Muhlis Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025

By lintasne - Senin, 1 April 2024 | 09:59 WIB | 368 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2025, di gedung balai Antang, Senin (1/4/2024).

“Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara ini merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat desa/kelurahan, Musrenbang RKPD tingkat kecamatan, forum konsultasi publik dan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah yang beberapa waktu lalu telah kita laksanakan,” kata Pj Bupati Muhlis saat membuka kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan pembukaan Musrenbang tersebut dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD I dan II, anggota DPRD, Pj Sekda, mewakili Kepala Bappeda Provinsi Kalteng, Unsur FKPD, Ketua PN Muara Teweh, Ketua PA Muara Teweh, staf ahli bupati asisten sekda, kepala perangkat daerah, Camat se Barito Utara dan undangan lainnya.

Dikatakannya, Musrenbang RKPD hari ini diselenggarakan untuk menyempurnakan rencana program dan kegiatan tahun 2025 dalam bentuk rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), yang merupakan bagian dari tahapan dalam penyusunan APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2025 mendatang.

“Dengan demikian, Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara ini berfungsi sebagai sarana untuk menghimpun kembali pemikiran, pendapat dan usul yang berpihak kepada kepentingan masyarakat,” kata Muhlis.

Oleh karena itu kata Muhlis lagi melalui Musrenbang ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai kesepakatan di antara para pelaku pembangunan di Kabupaten Barito Utara, mengenai prioritas program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi pada tahun 2025 yang akan datang.

Dijelaskannya, proses pengambilan keputusan dilakukan secara partisipatif dengan tetap berpedoman pada seluruh dokumen perencanaan pembangunan daerah termasuk hasil-hasil Musrenbang RKPD tingkat kecamatan, pokok–pokok pikiran DPRD dan hasil kesepakatan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2024 yang lalu.

Lebih lanjut Muhlis, Rancangan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025 yang akan dibahas pada Musrenbang hari ini, disusun dengan mengacu pada arah kebijakan pembangunan yang termuat RPD Kabupaten Barito Utara 2024-2026 dengan focus tema atau agenda pembangunan Kabupaten Barito Utara untuk tahun 2025.

“Saya berharap pada pelaksanaan Musrenbang RKPD hari ini, agar seluruh perangkat daerah dan pihak terkait lainnya dapat berperan aktif dalam pembahasan sehingga aspirasi dan usulan yang disampaikan dapat menjadi prioritas utama sebagai bahan untuk dibahas pada Musrenbang RKPD Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2024 mendatang,” kata Muhlis.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…