Penyusunan RAPBD Barut tahun 2024 mengacu pada 5 prioritas pembangunan daerah

By lintasne - Rabu, 15 November 2023 | 07:19 WIB | 281 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis mengatakan bahwa dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2024 mengacu pada 5 (lima) prioritas pembangunan daerah.

Adapun lima prioritas pembangunan daerah antara lain pertama infrastruktur dan energi, kedua pendidikan dan kesehatan, ketiga peningkatan ekonomi masyarakat, keempat, sosial, budaya, pariwisata dan lingkungan hidup dan kelima reformasi birokrasi dan tata kelola Pemerintah yang baik.

Dimana kata Pj Bupati kelima prioritas pembangunan daerah yang telah dioptimalkan dan dimaksimalkan mengakomodir semua aspek, meliputi yang meliputi prinsip-prinsip penganggaran yang partisipatif, transparan dan akuntabel, disiplin, berkeadilan serta efektif dan efisien.

Kemudian kata dia sinkronisasi antara prioritas kebijakan dan program pembangunan nasional dan Provinsi Kalimantan Tengah dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara. Kemampuan keuangan daerah untuk pembiayaan program dan kegiatan pembangunan.

Selanjutnya pokok-pokok pikiran atau pendapat DPRD Kabupaten Barito Utara, aspirasi dan perkembangan terakhir yang menjadi perhatian pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam kebijakan umum APBD yang telah disepakati bersama.

Menurut Pj Bupati, dalam kebijakan umum APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2024 yang telah disepakati, kita prioritaskan pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Serta menyesuaikan dengan Keputusan Mendagri nomor nomor 900.1.15.5-1317 Tahun 2023 tahun 2023 tentang perubahan atas keputusan Kemendagri nomor 050- 5889 tahun 2021 tentang hasil verifikasi, validasi dan inventarisasi pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

“Pada tahun anggaran 2024 kita berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan di berbagai bidang serta peningkatan ekonomi masyarakat secara berkeadilan menuju “Terwujudnya Masyarakat Barito Utara yang Religius, Mandiri dan Sejahtera, melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan,” kata Pj Bupati Muhlis.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

May 20, 2024

Legislator Ini Diminta OPD Lakukan Terobosan Dukung Kemajuan Daerah

MUARA TEWEH- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Hasrat Sag meminta…

May 20, 2024

4 Bahasa Lokal di Barito Utara akan Menjadi Muatan Lokal di Masing Masing Sekolah

Muara Teweh – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin…

May 20, 2024

Kabupaten Barito Utara Penghasil Guru Penggerak Terbanyak se Kalteng

Muara Teweh – Kabupaten Barito Utara merupakan penghasil guru penggerak…

May 20, 2024

Ini Kata Kadis Pendidikan pada Syukuran Puncak Hardiknas Tahun 2024

Muara Teweh – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Kadikdis…

May 20, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Rakor Ketenagakerjaan Pemagangan Dalam Negeri

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

May 19, 2024

Distribusi Air Dihentikan Sementara, PDAM Lakukan Penyambungan Pompa Pendorong

Muara Teweh –Pada Senin tanggal 20 Mei 2024, PDAM Muara…