Pemkab Barito Utara Peringati Hari Lahir Pancasila

By lintasne - Kamis, 1 Juni 2023 | 06:54 WIB | 266 Views

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, dihalaman kantor bupati, Kamis (1/6/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra dan dihadiri unsur FKPD, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, asisten sekda, kepala perangkat daerah, TNI/Polri dan udangan lainnya.

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto saat membacakan sambutan tertulis Prsesiden RI Joko Widodo mengatakan Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Wabup Sugianto.

Dikatakannya, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurut wabup Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religiusbangsa indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural saudara-saudara sebangsa dan setanah air, para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Wabup membacakan sambuatan tertulis Presiden RI.

Dikatakannya gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga pulau Rote. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.

“Semoga indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila. Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, atas nama seluruh rakyat indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggitingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini,” pungkasnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

May 22, 2024

DPRD Barut Harapkan Dukungan Program dan Kegiatan Pemagangan dari Perusahaan

Muara Teweh – Kalangan DPRD Kabupaten Barito Utara mengajak kepada…

May 22, 2024

Kontingen Barito Utara Meraih 9 Medali Emas per 22 Mei 2024

Muara Teweh – Kontingen Kabupaten Barito Utara (Barut) pada Festival…

May 22, 2024

Pemkab Barut Ikuti Pameran Inovasi Penurunan Stunting se Kalteng Tahun 2024

Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui BappedaLitbang setempat…

May 22, 2024

Pj Bupati Barito Utara Lantik dan Ambil Sumpah Janji Kades PAW Bintang Ninggi II

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melantik…

May 21, 2024

Pemkab Barito Utara Tandatangan NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) dalam…

May 21, 2024

Sekretariat DPRD Barito Utara Terima Kunjungan dari DPRD HSU

Muara Teweh – Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara (Setwan Barut)…