Pemkab Barito Utara Berikan Perhatian Serius Terhadap Inflasi Pangan

By lintasne - Rabu, 17 April 2024 | 08:53 WIB | 375 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menyampaikan bahwa permasalahan inflasi menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Terutama komoditas pangan khususnya beras, cabe merah, cabe rawit sehingga berpengaruh pada ketahanan pangan yang berkaitan dengan ketersediaan pangan, akses pangan dan pemamfaatan pangan masyarakat.
“Diamanatkan dalam UU Nomor 18 tahun 1012 tentang pangan, bahwa peningkatan ketahanan pangan merupakan prioritas utama karena pangan merupakan kebutuhan yang paling mendasar gabi manusia serta berperan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Pj Bupati Muhlis pada gelaran apel gabungan, yang dilaksanakan pada setiap bulan tanggal 17 minggu ke dua di halaman kantor bupati, Rabu (17/4/2024).

Dikatakannya, pemerintah telah melakukan berbagai upaya pengendaian inflasi melalui operasi pasar dan gerakan pangan murah untuk stabilitas harga pangan. Selain itu, peningkatan ketahanan tingkat rumah tangga sangat penting dilakukan dengan menggali potensi lingkungan sekitar melalui pemamfaatan lahan pekarangan dan lahan non produktif sebagai sumber penyediaan pangan dan gizi keluarga secara berkelanjutan.

“Dengan ketersedian pangan yang cukup dan akses pangan terjangkau di tingkat rumah tangga, permasalahan inflasi dapat teratasi. Dalam rangka upaya menjaga ketahanan pangan dan pengendalian inflsi, Pemkab Barito Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan memberikan bantuan tanaman sebanyak 3000 bibit,” kata Muhlis.

Diungkapkannya, bantuan 3000 bibit dari Dinas KPP berupa tanaman, cabe rawit, tomat dan terong yang di bagikan untuk seluruh organisasi perangkat daerah, instansi vertical, sekolah dan masyarakat yang diserahkan secara simbolis hari ini.

“Kegiatan ini adalah program dari teras pangan B2SA Dinas DKPP sebagai wujud program gerakan nasional pengendalian inflasi pangan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati mengajak peserta apel agar bibit tanaman cabe rawit, terong dan tomat yang dibagikan untuk ditanam lansung dan dipelihara dilingkungan kerja perangkat daerah masing-masing, lingkungan sekolah dan pekarangan rumah serta lahan kosong sebagai upaya dan aksi nyata dalam menjaga ketahanan pangan dan pengendalian inflasi pangan khususnya cabe rawit di Kabupaten Barito Utara.

“Saya meninta kita semua agar bibit yang diterima segera di tanam lansung dan dipelihara dilingkungan dinas masing masing dan lingkungan rumah tempat tinggal,” imbuhnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Dewan Apresiasi Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu untuk Kesejahteraan Warga

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…