Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Program yang Strategis dalam upaya Pemulihan Ekonomi

By lintasne - Senin, 10 Juli 2023 | 09:28 WIB | 281 Views

Muara Teweh – Pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah merupakan program dan kegiatan yang sangat strategis dilakukan dalam rangka upaya pemulihan ekonomi daerah menuju pemulihan ekonomi nasional.

Hal tersebut dikatakan Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I bidang Pemerintahan, Eveready Noor saat membuka Rakor Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, di aula BappedaLitbang, Senin (10/7/2023).

Karena kata dia kegiatan ekonomi yang berbasis masyarakat ini menjadi suatu potensi yang perlu diberdayakan dan dikembangkan secara lebih luas, baik dari segi manajemen, kualitas sumber daya manusia, kemitraan usaha dan permodalan serta mampu mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang saat ini serba digital.

“Tentunya hal ini sangat diperlukan strategi, daya kreatif, inovatif dan terobosan-terobosan. Saya berharap melalui rapat koordinasi ini, kegiatan ekonomi kerakyatan yang berbasis usaha kecil, mikro dan menengah di kabupaten barito utara semoga tumbuh semakin pesat demi terciptanya masyarakat barito utara yang bermartabat,” kata Eveready Noor.

Bupati melalui Asisten I juga berharap setelah dilaksanakannya rakor ini dapat meningkatkan motivasi bersama, sinkronisasi, sinergisitas dan kolaborasi pelaksanaan program dan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah di kabupaten barito utara.

“Untuk itu saya meminta kepada organisasi perangkat daerah terkait, para pelaku usaha, termasuk koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, agar secara besama-sama dan serius melaksanakan program dan kegiatan peningkatan pembangunan yang berbasis ekonomi kerakyatan di Kabupaten Barito Utara,” jelasnya.

Sehingga kata dia dengan upaya-upaya yang dilakukan, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, iklim usaha yang kondusif yang memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, penangulangan inflasi daerah, penciptaan lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Baruto Utara.

“Kembali saya berpesan kepada seluruh peserta rakor untuk mengikuti secara serius dan sungguh-sungguh, agar forum rakor ini dapat dijadikan suatu kesempatan untuk mencerna berbagai langkah dan strategi yang memungkinkan untuk mengembangkan dan meningkatkan pemberdayaan koperasi, UMKM di daerah ini,” imbuhnya.

Forum rakor ini jelasnya dapat dijadikan ruang untuk memecahkan berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi oleh koperasi UMKM, baik persoalan atau kendala bersifat umum maupun khusus, sehingga roda ekonomi kerakyatan di Kabupaten Barito Utara bisa tumbuh dan berkembang serta maju pesat.

Bupati juga berpesan kepada para pelaku UMKM secara khusus, bahwa pelaku UMKM adalah pahlawan perekonomian di tengah keterpurukan ekonomi nasional dan daerah saat pandemi Covid-19, oleh karena itu agar selalu melakukan inovasi dan perubahan produk-produk terhadap tuntutan perkembangan masyarakat era digital saat ini.

“Gunakan marketplace lokal maupun nasional untuk meningkatkan penjualan saudara, tetap semangat dan pantang menyerah menghadapi pesaing-pesaing dari e-commerce nasional, jadikan ini sebagai bahan untuk memotivasi diri untuk tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Dewan Apresiasi Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu untuk Kesejahteraan Warga

Muara Teweh – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…