Pasar Penyeimbang di Harapkan Dapat Membantu Masyarakat

By lintasne - Kamis, 1 Februari 2024 | 08:58 WIB | 377 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Drs Muhlis mengatakan dengan diadakannya pasar penyeimbang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) ini diharapkan dapat membantu masyarakat di daerah setempat.

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis saat menyambut kunjungan Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo pada acara Pasar Penyeimbang Provinsi Kalteng di dua Kecamatan, Teweh tengah dan Teweh Baru, yang didampingi Pj Sekda Jufriansyah, Dandim1013 Mtw, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara, Kepala OPD, Camat serta undangan lainnya, Kamis (1/2/2024).

“Saya ucapkan selamat datang Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo beserta rombongan di Kabupaten Barito Utara,” katanya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Muhlis melaporkan, bahwa Kabupaten Barito Utara salah satu kabupaten yang mengalami musibah banjir di Kalimantan Tengah. “Di barito Utara ada sekitar 16 ribu rumah tangga yang terkena dampak banjir serta sebanyak 62 ribu jiwa yang terkena banjir,” kata Pj Bupati Muhlis.

Dikatakannya, sejak mulai terjadinya banjir Pemkab Barito Utara menyiapkan sembilan bahan pokok. Seperti beras sebanyak 160 ton, kemudian gula pasir sebanyak 16,5 ton, minyak goreng dan juga Pemkab di bantu oleh pihak swasta (perusahaan) yang berinvestasi di wilayah Barito Utara.

“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang sudah menyalurkan bantuan alat kesehatan dan obat-obatan juga beberapa paket sembilan bahan pokok untuk warga di Barito Utara,” kata Muhlis.

Muhlis juga menyampaikan bantuan yang datang dari BNPB Pusat berupa perahu karet, tenda dan lain-lainnya. “Dan kita juga memperoleh bantuan dari Kementerian Sosial beberapa hari yang lalu,” ucap Muhlis.

Pj Bupati juga berharap, dengan adanya pasar penyeimbang ini akan sangat membantu masyarakat di Kabupaten Barito Utara. “Memang sekarang kondisi Inflasinya sudah mulai stabil,” imbuh Muhlis.

Lebih lanjut Pj Bupati mengungkapkan , bahwa saat ini Inflasi sudah mulai turun yang awalnya 3,6 turun menjadi 2,7 turun lagi menjadi 2,5. “Dan sekarang sudah berada di angka 0,4 dibawah 0,5 persen tetapi masih belum sama angkanya di bulan Desember jadi masih tinggi tetapi relatif kecil tetapi tidak masuk di 10 besar dibandingkan dengan minggu minggu yang lalu,” terangnya.

Hal ini kata dia tentunya adalah berkat bantuan yang di kucurkan kepada masyarakat sehingga warga tidak berbelanja banyak. “Sebagian besar masyarakat kita tidak banyak belanja sembako karena sudah digelontorkan pemerintah,” imbuhnya.

Muhlis menambahkan, selain itu juga ada CBP bantuan dari Pemerintah Provinsi di Sub Bulog Muara Teweh. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas bantuan dari bapak Gubernur Kalteng dalam rangka meringankan beban masyarakat kami di wilayah Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…