Kepala Basarnas Palangkaraya Audensi Bersama Pj Bupati Barito Utara

By lintasne - Jumat, 22 Maret 2024 | 01:04 WIB | 380 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Barito Utara, Simamora Turahman dan Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik pada BPBD setempat Rizali Hadi, Jumat (22/3/2024) menerima kunjungan Kepala Basarnas Palangkaraya Anak Agung Ketut Alit Supartana bersama rombongan diruang kerja bupati, Jumat (22/3/2024).

Kunjungan Kepala Basarnas Palangkaraya ke Kabupaten Barito Utara ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan pelatihan potensi yang rencana akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Panglima Batur pada Mei mendatang.

Kepala Basarnas Palangkaraya Anak Agung Ketut Alit Supartana meminta kepada Pj Bupati Barito Utara berkenan hadir pada pelaksanaan potensi yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Muara Teweh.

“Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan pada 2-7 Mei 2024. Dimana tujuan dari pelaksanaan pelatihan potensi yang diambil pada tahun 2024 adalah Rescue. Kami memberikan suatu pelatihan Rescue pada Tim SAR, BPBD, perangkat daerah di Barito Utara, TNI/Polri, dan organisasi kemasyarakatan,” kata Anak Agung Ketut Alit Supartana.

Dikatakannya, kegiatan potensi ini bagaimana tindak awal pada saat pelaksanaan operasi SAR ada musibah di perairan, dan tidak menutup kemungkinan juga untuk penangan banjir.

Kedepannya kata dia Basarnas Palangkaraya bersama BPBD Barito Utara maupun Selatan akan tetap menjalin koordinasi dan komunikasi dari bawah sampai ke tingkat pimpinan.

“Rencananya kegiatan itu nantinya diikuti sekitar 50 orang peserta. Dan akan kami sertivikasi, pertama kelulusan diklat dan yang kedua uji kompetensi,” kata Anak Agung Ketut Alit Supartana.

Menanggapi hal itu Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis sangat mendukung sekali dengan kegiatan yang akan diadakan oleh Basarnas Palangkaraya di Kabupaten Barito Utara ini.

“Kami Pemkab barito Utara menyambuat baik dengan adanya kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Basarnas Palangkaraya dan memberikan kompetensi kepada peserta diklat,” kata Pj Bupati Muhlis.

Dikatakan Pj Bupati, Pemerintah Kabupaten sudah berupaya menyiapkan sarana dan prasarana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Alhamdulillah selama ini penanganan Kebakaran Hutan dan lahan (karhutla) di daerah ini berjalan lancar dan dapat ditangani hingga tidak bisa menyebar terlalu jauh,” ucap Muhlis.

Muhlis juga mengharapkan, untuk personil pendidikan dan pelatihan (Diklat) nantinya tidak hanya 50 orang peserta, diharapkan lebih dari 50 peserta yang diikutkan dalam kegiatan itu nantinya.

“Silakan Pak Kalak BPBD, kalau memungkinkan penambahan jumlah peserta agar bisa sharing dengan Basarnas Palangkaraya,” ucap Pj Bupati.

Dengan peserta yang melebihi target bimtek kata Pj Bupati, akan mempercepat kemampuan dan penanganan jajaran BPBD. “Mudah-mudahan nanti kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan lancar yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Panglima Batur,” pungkasnya.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…