Kajati Kateng Resmikan Rumah Restorative Justice di Komplek kantor Pemda

By lintasne - Rabu, 6 Maret 2024 | 07:37 WIB | 386 Views

Muara Teweh – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kalimantan Tengah Dr Undang Mugopal dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di kabupaten Barito Utara (Barut). Kunjungan kerja ini sekaligus meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) di Komplek kantor Pemda, Rabu (6//3/2024).

Peresmian RJ dilakukan oleh kajati kalteng, Dr Undang Mugopal dihadiri Asintel Kajati, Asdatun Kajati, Pj Bupati Barito Utara Muhlis, Pj Sekda Jufriansyah, Kajari Barito Utara Fadilah, dan para undangan.

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kajati Kalimantan Tengah di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, atas nama pribadi dan Pemkab Barito Utara kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan kerja dan silaturahmi sekaligus ramah tamah dengan jajaran pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Pj Bupati Muhlis menambahkan bahwa selama ini jalinan kemitraan antara Pemkab Barito Utara dengan unsur FKPD sangatlah harmonis dan sinergitas sehingga pembangunan di Kabupaten Barito Utara berkembang serta membawa manfaat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

“Selalu bersatu padu menjaga kondisi dan stabilitas keamanan daerah demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, kondusif berjalan dengan baik dan lancar. Saya berharap juga hubungan yang baik ini akan terus terbina, terjaga sehingga persoalan gangguan kantibmas maupun pertahanan serta keamanan selalu dapat cepat teratasi.” Sambung Drs.Muhlis.

Sementara kajati Kalteng Dr Undang Mugopal menyampaikan apresiasi atas penyambutan Pj Bupati beserta jajaran dan diharapkan kedepannya Kejari Barito Utara tetap solid bersama pemerintah daerah dan Forkopimda dalam mengemban tugas untuk masyarakat Kabupaten Barito Utara.

“Saya juga ingin melihat langsung dilapangan secara real bagaimana kondisi sarana dan prasarana Kejari Barito Utara serta mensosialisasikan produk hukum dengan baik dan benar,” kata dia.

Dikatakannya Kejaksaan melaksanakan kekuasaan negara dibidang penuntutan dan tugas lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan serta mengawasi jalannya penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan di bidang hukum.

Kajati Kalteng Undang Mugopal juga mengatakan bahwa selain kunjungan kerja ke Barito Utara, juga akan meresmikan Rumah RJ. “Ini salah satu cara untuk penyelesaian perkara di luar pengadilan. Jadi perkara itu tidak harus muaranya ke pengadilan. Bisa juga perkara diselesaikan di Runah RJ ini,” kata Kajati didampingi Kajari Barito Utara Fadilah, kepada wartawan.

Tetapi itu, kata dia lagi, perkata-perkara yang sifatnya kecil, sifatnya ringan dan itu pun syaratnya semua para pihak saling memaafkan. “Terima kasih kepada Pj Bupati dan Pj Sekda yang telah memfasilitasi dibentuknya Rumah RJRJ,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut juga penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) secara simbolis kepada anak-anak sekolah dasar SDN 8 Lanjas Muara Teweh dilanjutkan dengan peninjauan sekaligus peresmian gedung pos pelayanan hukum Kejaksaan Negeri Barito Utara bertempat di Komplek Pemerintah Daearah (Pemda) Muara Teweh.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…

Jul 20, 2024

Legislator Barut Mengapresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 19, 2024

Dinas Perkimtan Rapat Persiapan Malam Hiburan Rakyat Sambut Hari jadi ke 74 Kabupaten Barut

Muara Teweh – Pada tahun 2024 ini, Kepala Dinas Perumahan,…

Jul 19, 2024

Pemkab Sampaikan Jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) sampaikan…