Guna Percepatan Penurunan Stunting, Desa Sei Rahayu I Rembuk Stunting

By lintasne - Senin, 12 Juni 2023 | 11:02 WIB | 269 Views

Muara Teweh – Masalah stunting masih menjadi perhatian secara Nasional yang perlu mendapatkan penanganan dari seluruh eleman masyarakat. Terkait percepatan penurunan stunting tersebut, Desa Sei Rahayu I Kecamatan Teweh Tengah melaksanakan rembuk stunting, Senin (12/6/2023) di aula kantor desa setempat.

Kegiatan rembuk stunting tersebut di buka oleh Sekretaris Kecamatan Redy Wahyu Nugraha mewakili Camat Teweh Tengah. Rembuk stunting juga dihadiri staf Kecamatan Teweh Tengah, Kepala Desa Sei Rahayu I, Ketua BPD Desa Sei Rahayu I, Bidan, Babinsa Desa Sei Rahayu I, Kader RDS, Kader Posyandu Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Camat Teweh Tengah Jati Prayogo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Redy Wahyu Nugraha mengatakan bahwa masalah Stunting masih menjadi perhatian secara Nasional yang perlu mendapatkan penanganan guna percepatan penurunan Stunting, khususnya di Kecamatan Teweh Tengah.

“Rembuk stunting ini sifatnya wajib untuk dilaksanakan oleh setiap desa karena diinstruksikan langsung oleh Pemerintah Pusat berdasarkan regulasi dan merupakan rangkaian pramusyawarah Desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan Stunting,” kata Sekcam Teweh Tengah Redy.

Dikatakannya, permasalahan stunting ini menjadi prioritas Pemerintah dikarenakan masalah ini mempengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak. “Oleh karena itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,” kata dia.

Dijelaskannya, dengan dilaksanakan rembuk Stunting ini dapat bersama-sama barbagi data untuk menyatukan gerakan dalam penanganan Stunting kedepannya sebagai ujung tombak pelayanan, Kader RDS, KPM, kader Posyandu serta tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi dan mengarahkan kaluarga untuk memiliki pola pikir hidup sehat dan maju.

Camat Teweh Tengah melalui Sekcam juga berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta hasil yang didapatkan dari rembuk Stunting ini dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di Desa Pendreh.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

May 20, 2024

Legislator Ini Diminta OPD Lakukan Terobosan Dukung Kemajuan Daerah

MUARA TEWEH- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Hasrat Sag meminta…

May 20, 2024

4 Bahasa Lokal di Barito Utara akan Menjadi Muatan Lokal di Masing Masing Sekolah

Muara Teweh – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin…

May 20, 2024

Kabupaten Barito Utara Penghasil Guru Penggerak Terbanyak se Kalteng

Muara Teweh – Kabupaten Barito Utara merupakan penghasil guru penggerak…

May 20, 2024

Ini Kata Kadis Pendidikan pada Syukuran Puncak Hardiknas Tahun 2024

Muara Teweh – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Kadikdis…

May 20, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Rakor Ketenagakerjaan Pemagangan Dalam Negeri

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

May 19, 2024

Distribusi Air Dihentikan Sementara, PDAM Lakukan Penyambungan Pompa Pendorong

Muara Teweh –Pada Senin tanggal 20 Mei 2024, PDAM Muara…