Disnakertranskop UKM Barito Utara Serahkan Bansos untuk 4 Bidang

By lintasne - Sabtu, 18 November 2023 | 07:55 WIB | 356 Views

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM setempat menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada peserta pelatihan UMK dalam bentuk barang yang bersumber dari dana APBD tahun 2023 pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara.

“Bantuan sosial yang diserahkan ini berbentuk barang yang diserahkan kepada para peserta yang mengikuti pelatihan di 4 bidang (bidang UKM, bidang kopperasi, bidang BLK dan bidang Transmigrasi) pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara,” kata Kadis Nakertranskop UKM, M Mastur, Sabtu (18/11/2023) di Muara Teweh.

Dikatakan Mastur, bantuan sosial ini diserahkan untuk 4 (empat) bidang pelatihan yaitu bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) meliputi koloni lebah kelulut dan alat penghisap stainles, mesin pengolahan pakan ayam, alat pres baglog jamur manual, mesin pemiris pengering minyak, mesin jahit rotan dan personal komputer.

Untuk bantuan koloni lebah kelulut dan alat penghisap stainles. Bantuan ini diserahkan kepada 14 orang penerima dari Desa Trahean, Desa Hajak, Desa Lemo I dan Lemo II, Kelurahan Tumpung Laung, Desa Pendreh dan Desa Benangin I.

Kemudian mesin pengolahan pakan ayam diserahkan kepada 10 penerima yaitu Desa Benangin, Kelurahan Tumpung Laung II, Jalan Permata Biru II Komplek Borobudur Kelurahan Lanjas Teweh Tengah, Jalan Tamban Sari Kelurahan Melayu, Desa Bintang Ninggi II, Desa Hajak, KM 52 Desa Sei Rahayu, Jalan Nenas Kelurahan Lanjas, Desa Lemo II dan Desa Pendreh.

Selanjutnya, bantuan alat pres Baglog Jamur Manual. Bantuan ini diterima oleh 5 (lima) orang dari Desa Trinsing, Desa Sabuh, Desa Lemo II, Kelurahan Lanjas dan Jalan Margorukun RT 29 RW 08 Kelurahan Melayu, masing-masing menerima bantuan dua unit alat pres.

Untuk mesin pemiris pengering minyak diterima oleh 10 orang masing-masing satu unit mesin yang berasal dari warga di dua wilayah Kelurahan yaitu Kelurahan Lanjas dan Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh Tengah.

“Untuk bantuan sosial mesin jahit rotan ini diserahkan kepada 22 kelompok pengrajin rotan di 4 kecamatan, dan yang terbanyak di Kecamatan Teweh Timur dan Kecamatan Gunung Purei, sedangkan Teweh Tengah dan Teweh Baru masing-masing 1 unit mesin, di dua kecamatan terbanyak ada yang menerima dua unit dan ada tiga unit serta satu unit mesin jahit rotan,” kata Mastur.

Lebih lanjut Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, untuk bantuan sosial UKM personal komputer diserahkan kepada 7 (tujuh) kelompok tani yang berada di Desa Buntok Baru Kecamatan Teweh Selatan, Desa Hajak, Desa Sabuh Kecamatan Teweh Baru, Desa Nihan, Desa Luwe Hilir dan Desa Teluk Malewai Kecamatan Lahei Barat, Desa Payang Kecamatan Gunung Purei.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…