Diskominfosandi Barito Utara OPD yang Tangani Infrastruktur Digital dalam Kota

By lintasne - Kamis, 4 Januari 2024 | 08:39 WIB | 369 Views

Muara Teweh – Pemerintah pusat beberapa waktu lalu mencanangkan program Smart City atau yang lebih familiar dengan sebutan Kota Cerdas. Terkait hal itu, Kabupaten Barito Utara telah melakukan pembenahan dan melaksanakan program tersebut.

Pembenahan tersebut terjadi di berbagai bidang. Selain penataan kota oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), melalui pembangunan trotoar yang bisa digunakan oleh individu disabilitas, juga dilakukan penambahan dan penggantian lampu-lampu jalan.

Sehingga kota Muara Teweh menjadi terang dan sangat nyaman untuk dilintasi dan memenuhi kriteria Smart Living sebagai salah satu komponen dari 6 variabel Smart City.

Sejalan dengan itu mulai tahun 2023 tadi, kota Muara Teweh juga sudah dilengkapi dengan closed circuit television (CCTV), videotron, dan display banner dengan sistem jaringan komando terintegrasi dari ruang NOC Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Barito Utara yang saat ini telah meningkat statusnya sebagai organisasi perangkat daerah yang menangani infrastruktur, terutama infrastruktur digital dalam kota Muara Teweh.

Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Barito Utara, HM Ikhsan mengatakan ini adalah langkah Pemkab barito Utara dalam merealisasikan konsep kota cerdas yang termasuk bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Alhamdulillah pada tahun 2023 kita telah melakukan pengadaan 50 mata CCTV, videotron, dan display banner pada beberapa titik krusial kota Muara Teweh. Di lokasi tertentu menggunakan CCTV berteknologi tinggi dan ke depannya titik-titik krusial lainnya akan kita lengkapi,” kata Mochamad Ikhsan didampingi Kabid Bidang e-Governmment pada Dinas Kominfosandi Barito Utara Munawar Khalil, Kamis (4/1/2024) di Muara Teweh.

Dikatakannya, dilokasi tertentu tersebut menggunakan CCTV berteknologi tinggi dimaksud adalah teknologi CCTV yang mampu mengarsir serta melokalisir area, menghitung secara otomatis jumlah orang dalam satu area, jumlah kendaraan yang melintas, dan mencatat nomor atau plat kendaraan secara persisi.

“Kebutuhan CCTV dengan teknologi tinggi ini sudah menjadi media utama dikota-kota besar dalam hal menjaga ketertiban warga. Disamping itu untuk keamanan, CCTV ini bahkan bisa memantau gerak warga sampai ke aspek kebersihan dalam mendukung Smart Environment,” ungkap Kadis Kominfosandi HM Iksan.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…

Jul 20, 2024

Legislator Barut Mengapresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara,…

Jul 19, 2024

Dinas Perkimtan Rapat Persiapan Malam Hiburan Rakyat Sambut Hari jadi ke 74 Kabupaten Barut

Muara Teweh – Pada tahun 2024 ini, Kepala Dinas Perumahan,…

Jul 19, 2024

Pemkab Sampaikan Jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) sampaikan…