Bupati Lepas Kontingen Barito Utara Ikuti PEDA KTNA XIII di Sukamara

By lintasne - Kamis, 4 Mei 2023 | 07:08 WIB | 270 Views

Muara Teweh – Bupati barito Utara H Nadalsyah melepas kontingen Barito Utara mengikuti kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIII di Kabupaten Sukamara, dihalaman kantor bupati setempat, Kamis (4/5/2023).

Dalam kegiatan PEDA KTNA XIII tersebut diikuti kontingen dari barito Utara sebanyak 41 peserta terdiri dari peserta utama dari Kelompok Tani Nelayan Andalan, perhimpunan penyuluh pertanian dan penyuluh pertanian PNS dan PPPK sebanyak 20 orang, pendamping 10 orang, dan peninjau 11 orang.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) adalah merupakan forum pertemuan petani, nelayan dan petani se Provinsi Kalimantan Tengah dan telah menjadi agenda setiap empat tahun sekali, yang diadakan dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian petani dan nelayan.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu perhelatan penting dan merupakan pestanya para petani nelayan andalan se Kalteng, yang diikuti oleh para petani dan nelayan dari berbagai wilayah kabupaten/kota se Kalteng yang terpilih,” kata bupati dalam sambutannya.

Menurut Nadalsyah PEDA KTNA ini juga sebagai media konsolidasi, komunikasi, dan informasi kontak tani dengan pemerintah daerah, sekaligus merupakan ajang pengukuran prestasi petani nelayan dalam meningkatkan pembangunan di bidang pertanian dan perikanan.

“Dan melalui kegiatan PEDA KTNA ini saya harapkan agar para peserta dapat menggali informasi teknologi serta ilmu pengetahuan, dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” ucapnya.

Nadalsyah juga mengharapkan melalui PEDA KTNA ini, sepulangnya dari Kabupaten Sukamara, agar peserta yang ikut dalam kegiatan PEDA KTNA dapat membagikan ilmu yang didapatkan kepada para petani dan nelayan yang ada di Kabupaten Barito Utara tentunya dengan dukungan dari pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pertanian.

Pada kesempatan tersebut pula Bupati Nadalsyah berpesan kepada semua peserta agar bisa menjaga kekompakan dan rasa kebersamaan, sesama kontingen serta menjaga nama baik Kabupaten Barito Utara yang kita cintai.

“Saya meminta semua peserta agar mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik dan penuh disiplin. Dan kepada Dinas Pertanian atau yang mendampingi kontingen dari Barito Utara saya berpesan juga agar selalu memberikan pendampingan, pengawasan serta bimbingan selama kegiatan pekan daerah kontak tani nelayan andalan berlangsung. Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah kepada kita semua Amiin ya rabbal ‘alamin,” kata bupati.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Ir Sugeng mengatakan tujuan mengikuti kegiatan PEDA KTNA XIII ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM dan kemandirian kontak tani nelayan andalan sebagai pelaku utama dalam sistem penyuluh pertanian dan pelaku usaha agribisnis.

“Selain itu untuk meningkatkan hubungan kemitraan usaha dan jaringan agribisnis antar peserta dengan pengusaha dibidang agribisnis dan meningkatkan pengetahuan, sikap keterampilan, teknologi dan pemasaran,” kata Sugeng.

Dikatakan Sugeng, kegiatan PEDA KTNA XIII tingkat Provinsi kalteng ini dilaksanakan di Desa Natai Sedawak Kecamatan Sukamara Kabupaten Sukamara yang dilaksanakan pada tanggal 9-14 Mei 2023. “Dalam kegiatan ini kontingen Barito Utara mengikuti sebanyak 18 kegiatan cabang lomba yang di lombakan,” kata Ir Sugeng.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 19, 2024

Pj. Bupati Barito Utara Tinjau Gedung Unit Kerja Kantor Keimigrasian Barito Utara

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis meninjau…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Halal Bi Halal

Muara Teweh – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri…

Apr 19, 2024

Pj Bupati dan Pejabat Pemkab Barito Utara Gelar Senam Bersama

Muara Teweh – Dalam rangka meningkatkan kebugaran jasmani sekaligus menjalin…

Apr 19, 2024

Disnakertranskop UKM Buka Pelayanan Pembuatan Eazy Paspor Baru dan Perpanjangan

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM…

Apr 19, 2024

Disperkimtan Barito Utara Tangani 114 Unit RTLH selama dua tahun

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemka Barut) melalui…

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…