60 Peserta Ikuti Pelatihan Perkoperasian Madu Kelulut dan Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Non Produktif

By lintasne - Selasa, 23 Mei 2023 | 07:13 WIB | 270 Views

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop) setempat kembali melaksanakan kegiatan pelatihan, diaman sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan yang sama.

Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur mengatakan bahwa saat ini kita sedang dihadapkan dengan dampak pasca Covid-19 dan Inflasi. Terkait hal itu perlu dilakukan upaya dalam rangka penanggulangan dampak pasca Covid-19 dan Inflasi Daerah, diantaranya adalah melalui upaya peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat.

Dikatakan Mastur sehubungan dengan upaya itu, diantaranya adalah perlu dilakukan kegiatan peningkatan SDM dan motivasi terkait dengan pengetahuan, wawasan dan keterampilan masyarakat, para pelaku usaha koperasi, usaha mikro dan kecil.

“Dan pada hari ini akan dilakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan perkoperasian I, budi daya Madu Kelulut I dan penyuluhan pemanfaatan lahan non produktif di Kecamatan Teweh Tengah, terutama tahap ini untuk Desa Eks Transmigrasi,” kata Mastur.

Dikatakan Mastur pembukaan pelatihan ini dilaksanakan di aula Bappedalitbang Barito Utara. Sedangkan untuk kegiatan pelatihan perkoperasian I dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Teweh Tengah pada tanggal 23 – 24 Mei 2023.

Untuk kegiatan pelatihan budi daya madu kelulut dilaksanakan di aula Disnakertranskop UKM pada tanggal 23 Mei 2023 (1 hari) dan kegiatan penyuluhan pemanfaatan lahan non produktif Kecamatan Teweh Tengah dilaksanakan di aula Bappeda Litbang pada tanggal 23 Mei 2023 (1 hari).

“Peserta yyang mengikuti tiga pelatihan ini berjumlah 60 orang, dengan rincian peserta Pelatihan perkoperasian I sebanyak 25 orang, peserta pelatihan budi daya madu kelulut I sebanyak 10 orang dan peserta penyuluhan pemanfaatan lahan non produktif Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 25,” kata Mastur.

Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini Asisten I Sekda Barito Utara, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara, Dinas Sosial dan PMD Barito Utara, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara dan UPT KPHP Barito Tengah.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…