12 Peserta akan mewakili Barito Utara pada FTBI Tingkat Kalteng

By lintasne - Senin, 23 Oktober 2023 | 06:33 WIB | 257 Views

Muara Teweh – Pada kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten (FTBITK) tahun 2023 di aula Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (21/10/2023) lalu yang diikuti sebanyak 60 orang dari jenjang SD 7 sekolah dan jenjang SMP 7 sekolah dengan jumlah sekolah yang ikut dalam kegiatan FTBITK sebanyak 14 sekolah yang ada di daerah setempat.

“Kegiatan festival berbahasan Bakumpai ini bertujuan dalam upaya pengimbasan sebagai tindak lanjut dan revitalisasi Bahasa Bakumpai yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalteng,” kata Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Samsul Astorijaya, Senin (23/10/2023) di Muara Teweh.

Dikatakannya kegiatan ini sebagai penjaringan peserta didik yang terpilih untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Barito Selatan pada tanggal 14-15 November 2023 yang akan datang.

“Dalam kegiatan tersebut terjaring sebanyak 6 (enam) peserta dari jenjang SD dan 6 (enam) peserta dari jenjang SMP pada masing-masing cabang lomba. Insya Allah 12 orang yang ini terpilih akan dikirim ke tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Barito Selatan bersama masing-masing pelatih pada setiap cabang yang diikuti dan semua biaya akan ditanggung oleh Dinas Pendidikan Barito Utara,” imbuhnya.

Adapun pemenang lomba pada FTBITK tahun 2023 untuk cabang pidato bahasa Bakumpai tingkat SMP yaitu juara I Winda Septiana dari SMPN 1 Lahei, juara II Sajid dari SMPN 9 Muara Teweh dan Juara III Mellany dari SMPS 10 Muara Teweh.

Kemudian cabang Pantun Bahasa Bakumpai tingkat SMP, juara I, Jane Nita Tammy V SMPN 1 Lahei, juara II, Rumiyati dari SMPN 1 Muara Teweh dan juara III, Feby Achmad dari SMPN 10 Muara Teweh. Cabang Stand Up Comedy bahasa Bakumpai, juara I, Aljib Ramadani dari SMPN 4 Muara Teweh, Najib Ramadani dari SMPN 1 Muara Teweh, dan juara III, Regsa Elisia Putri dari SMPN 10 Muara Teweh.

Untuk Cabang Dongeng Bahasa Bakumpai tingkat SMP, juara I Sera dari SMPN 1 Lahei, juara II, Rabiyatul Auliya dari SMPN 9 Muara Teweh, dan juara III, Rido dari SMPN 10 Muara Teweh. Dan cabang cerpen bahasa Bakumpai tingkat SMP, juara I Aulia dari SMPN 1 Lahei, juara II, Khairunisa, SMPN 10 Muara Teweh dan juara III M Reza Ibrahim dari SMPN 9 Muara Teweh.

Sementara untuk tingkat SD cabang Pantun Bahasa Bakumpai, juara I, Aulia Putri dari SDN 1 Tumpung Laung II, juara II, Niken Anggrainy dari SDN 2 Tumpung Laung II, juara III, Naila Saputri dari SDN 1 Lanjas. Cabang Cerpen Bahasa Bakumpai, juara I, Fathul Gina Astutu dari SDN 1 Tumpung Laung II, juara II, Alif Raka Putra dari SDN 2 Lahei II, dan Juara III, Angelina Daisy dari SDN 1 Lanjas.

Untuk cabang Dongeng Bahasa Bakumpai, juara I, Rindy Yana dari SDN 1 Tumpung Laung II, juara II, Junaidi dari SDN 2 Tumpung Laung II dan juara III, Nurafika Az Zahra dari SDN 2 Tumpung Laung II.

Sedangkan untuk cabang pidato Bahasa Bakumpai, juara I, Sintia Bella dari SDN 2 Tumpung Laung II, juara II, M Fachry A.R dari SDN 1 Lanjas dan juara III, Inayatul Husna dari SDN 1 Tumpung Laung II.

Cabang lomba Stand Up Comedy bahasa Bakumpai, juara I, Agastya Endy Sattawika Rittama dari SDN 2 Tumpung Laung II, juara II, Akhmad Nasih dari SDN 1 Lahei II, dan juara III, Akhmad Rifani dari SDN 1 Lanjas.

Dan pada cabang Karungut Bahasa Bakumpai untuk tingkat SD, juara I atas nama Rida Setia dari SDN 2 Tumpung Lanung II. Untuk Karungut tingkat SMP juara I, Aldwi Julio Gebral Alinski dari SMPN 1 Lahei, juara II, Muraria Estianti dari SMPN 10 Muara Teweh, dan juara III, Kasih dari SMPN 9 Muara Teweh.(adi)

Banner-Topa

Berita Terkait

Berita Terbaru

May 22, 2024

DPRD Barut Harapkan Dukungan Program dan Kegiatan Pemagangan dari Perusahaan

Muara Teweh – Kalangan DPRD Kabupaten Barito Utara mengajak kepada…

May 22, 2024

Kontingen Barito Utara Meraih 9 Medali Emas per 22 Mei 2024

Muara Teweh – Kontingen Kabupaten Barito Utara (Barut) pada Festival…

May 22, 2024

Pemkab Barut Ikuti Pameran Inovasi Penurunan Stunting se Kalteng Tahun 2024

Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui BappedaLitbang setempat…

May 22, 2024

Pj Bupati Barito Utara Lantik dan Ambil Sumpah Janji Kades PAW Bintang Ninggi II

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melantik…

May 21, 2024

Pemkab Barito Utara Tandatangan NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) dalam…

May 21, 2024

Sekretariat DPRD Barito Utara Terima Kunjungan dari DPRD HSU

Muara Teweh – Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara (Setwan Barut)…